Menu

 

A Member Of 

Meningkatkan Mutu Pelayanan UDD dengan Gugus Kendali Mutu Featured

Dalam rangka meningkatkan mutu yang berkesinambungan (continuous quality improvement) untuk meningkatkan yang berdampak pada peningkatan kinerja dan motivasi untuk mengimplementasikan sistem manajemen mutu, Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Pelatihan Gugus Kendali Mutu (GKM).

Pelatihan dibuka oleh Wakil Kepala UDD PMI Provinsi DKI Jakarta, dr. Ni Ken Ritchie, M.Biomed di Aula PMI Provinsi DKI Jakarta, Selasa (8/4). Gugus Kendali Mutu adalah kelompok karyawan yang terdiri dari tiga sampai 10 orang dari pekerjaan sejenis, yang secara sukarela mengadakan pertemuan dengan teratur untuk menemukan, menganalisa dan memecahkan masalah dalam bidang tugasnya.

“Dengan adanya pelatihan GKM ini, kita (UDD) dapat melakukan diskusi bersama dan memecahkan masalah bersama untuk meningkatkan pelayanan,” ucap dr. Ni Ken Ritchie, M.Biomed.

Ditambahkannya, “Kita (UDD) sudah memperoleh Sertifikat ISO 9001: 2008 sejak tahun 2009, dan kita mendapatan ISO tersebut berkat bantuan dan partisipasi dari teman-teman sekalian,” kata dr. Ni Ken.

Saat ini pelayanan darah juga terus berkembang dan semakin maju. Pihak UDD PMI juga harus dapat menerima masukan dari unit kerja lain dalam rangka meningkatkan pelayanannya. 

“Oleh karena itu kita harus bisa mengikuti perkembangan kemajuan tersebut,” ujar dr. Ni Ken.

Pelatihan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Prima Andalan Semesta (PASS). Melalui pelatihan GKM, para karyawan diharapkan dapat memahami berbagai pendekatan yang efektif dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi berkenaan dengan uji kompetensi.

Saat pelatihan, para karyawan dibagi menjadi 7 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Anggota. Setiap kelompok melakukan brain storming (curah pendapat) antara lain mengidentifikasi masalah untuk topik yang berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari. Setelah itu, peserta mengumpulkan dan menganalisa data dengan stratifikasi. Dilanjutkan dengan membuat rencana kerja gugus dan analisa sebab.

“Saya merasa senang, karena hasil yang dibuat oleh para peserta sangat produktif. Mudah-mudahan ini adalah awal dari peningkatan kinerja UDD,” kata dr. Indah Rosana Levenussa, Fasiliator dari Prima Andalan Semesta.

Pelatihan GKM ini adalah yang kedua kalinya digelar UDD PMI Privinsi DKI Jakarta. Pelatihan sebelumnya dilaksanakan pada 23 Juli 2013. Sasaran pelatihan adalah untuk meningkatkan kemampuan manajerial pada karyawan operasional agar tumbuh kebiasaan berpikir analitis. Setiap karyawan juga diharapkan agar mampu memberikan sumbangan pikiran yang berkaitan dengan pengendalian mutu sehingga tercipta lingkungan kerja dimana karyawan sadar akan mutu, permasalahan dan merasa berkepentingan untuk memperbaikinya.

Kepala UDD PMI Provinsi DKI Jakarta, dr. Salimar Salim, MARS, menjelaskan “Ini adalah usaha kita untuk dapat meningkatkan manajemen mutu. Dan ini adalah suatu hal yang sangat positif untuk meningkatkan kinerja UDD PMI Provinsi DKI Jakarta.

“Kita (UDD PMI Provinsi DKI Jakarta) bertekad untuk selalu berusaha meningkatkan mutu  dalam rangka memberikan kepuasan kepada masyarakat,” tambah dr. Salimar.

Peran dari unsur pimpinan dalam mendorong terbentuknya GKM adalah dengan memberikan bantuan Pendidikan dan Latihan, dan menyediakan Fasilitator. Juga mendorong anggota untuk aktif, tanggap akan hasil pembinaan, memberikan arahan dan bimbingan, dan mengusahakan semua karyawan menjadi anggota GKM.

 

Untuk informasi lebih lanjut: Tutuk Kunmardiningsih, Ketua Komite Kualitas Unit Donor Darah (UDD) PMI Provinsi DKI Jakarta, HP 081212372624. Abdurrahman, Staf Bidang Organisasi & Komunikasi PMI Provinsi DKI Jakarta, HP 08129944499

 

 

 

 

 

 

 

Last modified onRabu, 16 April 2014 14:25

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

176586