Menu

 

A Member Of 

Pelatihan Water Rescue Featured

Secara geografis, Ibukota Jakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang rawan bencana. Bukan hanya bencana karena alam dan manusia, tetapi juga bencana konflik sosial. Untuk mengantisipasi hal ini, upaya kesiapsiagaan bencana dan kegiatan penyiapan tanggap darurat bencana hanya akan efektif apabila pemberdayaannya menjangkau masyarakat di lebel paling rentan, karena mereka adalah pihak yang secara langsung paling menderita akibat dampak bencana yang terjadi.

Untuk itulah, PMI Provinsi DKI Jakarta dengan dukungan PMI Pusat dan Palang Merah Amerika melangsungkan Pelatihan Satgana (Satuan Siaga Penanggulangan Bencana) bagi relawan PMI se Jakarta sebagai bagian dari Program Pengurangan Risko Bencana - Adaptasi Perubahan Iklim (PRB-API) Perkotaan. Pelatihan digelar mulai tanggal 21 hingga 26 Maret 2014, dilanjutkan dengan Workshop Water Rescue pada 27 – 28 Maret 2014 di Bogor, Jawa Barat. Para relawan melakukan praktek Water Rescue di Danau CibuburJakarta Timur dipandu oleh Instruktur dari PMI Kota Jakarta Utara dan BASARNAS.

Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan relawan tentang upaya-upaya kesiapsiagaan bencana dan tanggap darurat bencana. Juga untuk meningkatkan kapasitas PMI dalam memobilisasi dan memberdayakan kapasitas masyarakat di bidang kesiapsiagaan bencana dan tanggap darurat bencana.   

“Kita berharap relawan siap dimobilisasi kapanpun saat terjadi bencana dan semakin aktif membantu masyarakat rentan yang terkena dampak bencana. Selain semakin tanggap, mereka juga harus dapat memiliki kemampuan manajerial dan administrasi dalam pengelolaan bencana. Serta mampu mengorganisir kegiatan masyarakat yang terkait dengan kegiatan pengurangan risiko bencana perkotaan,” jelas Wakil Ketua Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta Bidang Penanggulangan Bencana Komaruddin Hasjim.  

Workshop Water Rescue sangat berguna untuk petugas SATGANA untuk menunjang program kegiatan yang dilaksanakan pada saat bencana melanda kota Jakarta.

“Workshop Water Rescue ini diadakan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahuan serta ketrampilan petugas SATGANA dalam penanggulangan bencana, terutama masalah banjir,” ucap Sarjono, Instruktur Water Rescue PMI Kota Jakarta Utara.

Selain itu, tambah Sarjono, petugas SATGANA harus beradaptasi dalam penanggulangan masalah banjir. “Pelatihan Water Rescue ini sangat bermanfaat untuk petugas SATGANA, karena sampai saat ini masih ada petugas yang belum paham dan mengerti dalam menggunakan peralatan serta perawatannya,” terang Sarjono.

Salah satu peserta pelatihan adalah Cintia Anggraini, Relawan PMI Kota Jakarta Barat yang merupakan satu-satunya peserta perempuan yang mengikuti pelatihan tersebut.

“Pelatihan SATGANA perlu diadakan lagi untuk angkatan selanjutnya, karena bisa meningkatkan kapasitas untuk para Relawan,” tutur Cintia Anggraini.

“Workshop itu sendiri juga bisa meningkatkan kapasitas teman-teman KSR (Korps Sukarela/Relawan) yang belum bisa berenang, dan belum tahu tentang rescue itu sendiri,” tambah Cintia.

 

Untuk informasi lebih lanjuti:Rusli Sahid, Koordinator Lapangan Program PRB-API Perkotaan PMI Provinsi DKI Jakarta, HP 081219384872. Abdurrahman, Staf Bidang Organisasi & Komunikasi PMI Provinsi DKI Jakarta, HP 08129944499

 

 

 

 

 

 

 

Last modified onJumat, 04 April 2014 18:50

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

152176