Menu

 

A Member Of 

PMI Hijaukan Kabupaten Lombok Barat Featured

PMI Kabupaten Lombok Barat melakukan penanaman pohon Mangrove di Dusun Cemare Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Minggu (30/3). Aksi ini melibatkan tidak kurang dari 500 relawan dari relawan tingkat desa atau SIBAT, anggota Palang Merah Remaja (PMR),Korps Sukarela, Tagana, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup Lembar Selatan, dan masyarakat Lembar Selatan.

Kegiatan dibuka kepala Dinas Kehutanan setempat dan juga diramaikan dengan anggota Kodim 1606/Lobar, Polres Lombok Barat, Dit Pol Air Polda NTB dan jajaran SKPDwilayah Kabupaten Lombok Barat seperti Dinas Sosial, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bapeda, BLHD, BPBD, Dinas Pariwisata, KP3.

Tema kegiatan adalah Green And Clean yang merupakan salah satu kegiatan program Upaya Pengurangan Risiko Bencana dan Adaptasi Perubahan Iklim PMI. Kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu bentuk dukungan PMI terhadap Program Pemerintah Kabupaten Lombok Barat berupa 1 Milyar pohon.PMI Kabupaten Lombok Barat telah menyiapkan 100 ribu bibit mangrove dan lebih dari 15 Ribu bibit vegetasi pantai seperti Cemara Laut (Causarina equisetifolia), Waru Laut (Hibiscus tiliaceus), dengan tanaman alternatif seperti Kelapa (Cocus Nucifera), Ketapang (Terminalia catapa) dan Nyamplung (Calophyllum inophyllum), Pandan (pandanus spiralis), yang di kelola oleh SIBAT dan relawan PMI Lombok Barat.

Hari ini (Minggu) baru 5000 pohon Mangrove jenis Rhizophora mucronata dan Bruguiera gymnorhiza yang ditanam dengan melibatkan 180 siswa dari 13 Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama, 90 sibat dari 3 desa target program yaitu Desa Kuranji, Desa Labuan Treng, dan Desa Lembar Selatan, serta 150 relawan dari PMI Kab. Lombok Barat, PMI Kota Mataram dan PMI Kab. Lombok Tengah”, ujar Abdul Majid Koordinator Lapangan Program PERTAMA Daerah Pesisir Lombok Barat.

“Dulu dusun Cemare banyak ditumbuhi Cemara Laut dan hanya tersisa 8 pohon saja.Sebelumnya kami telah menanam 200 pohon cemara laut, kedepanakan kami tanami lagi sekitar 5000  pohon cemara laut sepanjang Pantai Cemare hingga membentuk sabuk hijau (Green Belt).Pohon-pohon ini selain dapat mengurangi dampak abrasi, dapat juga mengurangi kekuatan hembusan angin yang langsung mengarah ke pemukiman sebagai bagian dari upaya pengurangan risiko bencana” ucap Drs. H. Lalu Fadullah Mustafa, Kepala Markas PMI Kabupaten Lombok Barat.

 

Informasi lebih lanjut: Abdul Majid Koordinator Lapangan Program PERTAMA Daerah Pesisir dukungan USAID melalui Palang Merah Amerika untuk PMI Kabupaten Lombok Barat, Hp. 0819179 42440, Drs. H. Lalu Fadullah Mustafa, Sekretaris sekaligus Kepala Markas PMI Kab. Lombok Barat, Hp. 0818365431, Dino Argianto Program Coordinator Palang Merah Amerika, Hp. 081391055020.

 

 

 

 

Last modified onKamis, 03 April 2014 16:30

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

152181