Menu

 

A Member Of 

Pembekalan Komunikasi Radio Darurat Featured

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan responbencana di wilayah Provinsi Jambi, PMI Provinsi Jambi melakukan Workshop Pembekalan Radio Komunikasi untuk meningkatkan kapasitas personil PMI dalam menggunakan radio komunikasi sekaligus menyampaikan informasi dan data saat pra bencana, bencana, maupun pascabencana.

Pembekalan Radio Komunikasi diikuti oleh 14 personil dari enam PMI Kabupaten/Kota yang paling rentan bencana(PMI Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi serta Kota Sungai Penuh)dan berlangsung selama 3 hari (28-30 Januari 2014) di Markas PMI Provinsi Jambi. Selama pembekalan, para peserta mendapatkan materi dan melakukan praktek tentang radio komunikasi, bagaimana menggunakan komunikasi radio, dan merakit radio komunikasi (power suplay, antene VHF dan HF). Pembekalan diberikan oleh narasumber dari BPBD Provinsi Jambi, Organisasi RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia), dan PMI Provinsi Jambi.

Radio komunikasi adalah salah satu alat komunikasi yang masih cukup efektif dalam siklus bencana yang terjadi.Melalui pembekalan ini, personil PMI Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi diharapkan mampu mengoperasikan radio komunikasi untuk menyampaikan informasi saat darurat maupun non darurat.

“Radio Komunikasi saat darurat dan non darurat sangat penting. Melalui radio, kita dapat melaporkan informasi atau data-data korban serta situasi bencana secara cepat  dan akurat,” kata Kepala Markas PMI Provinsi Astrid Firdianto.

Dari pembekalan ini, diharapkan menghasilkan sebuah sistem tentang radio komunikasi darurat, adanya peralatan radio komunikasibaik di Posko maupun markas PMI Kabupaten/Kota, dan adanya tenaga terlatih di bidang radio komunikasi darurat.

Saya berharap ilmu tentang radio komunikasi dan penggunaannya ini dapat diterapkan di masing-masing PMI Kabupaten/Kota, termasuk bagaimana berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pihak pemerintah setempat, BPBD, dan lembaga-lembaga komunikasi radio seperti RAPI atau ORARI. Semuanya demi semakin baiknya respon bencana dan kegiatan kesiapsiagaan bencana di Jambi,” tambah Astrid.

 

Informasi lebih lanjut: Dedi Sukma, Kepala Divisi PB & Kesehatan PMI Provinsi Jambi, Hp. 082266080471.

 

 

 

 

 

 

Last modified onKamis, 03 April 2014 17:52

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

146686