Menu

 

A Member Of 

Tim Medis PMI Layani Sedikitnya 200 orang/hari Featured

Sentra Pelayanan PMI (Palang Merah Indonesia) di wilayah Tabontabon, Leyte, Filipina, hingga saat ini terus melakukan pelayanan air bersih dan pemeriksaan kesehatan kepada warga yang menjadi korban Topan Haiyan, bersama PRC (Philippines Red Cross).

 

 

Hingga hari ini (18/12), tim medis telah melayani lebih dari 200 orang tiap hari di beberapa barangay (semacam kecamatan) sekitar Tabontabon seperti Barangay Killi, Capacuhan dan San Pablo. “Setiap hari kami melakukan medical mobile (pemeriksaan medis keliling) dan pemberian obat-obatan di beberapa wilayah yang warganya masih terpuruk oleh dampak bencana,” ujar Yudhanarko, dokter tim medis PMI.


Dokter Yudha menambahkan bahwa warga yang datang saat medical mobile, berasal dari berbagai kalangan usia termasuk balita. “Warga mayoritas menderita penyakit ISPA dan gatal-gatal, mungkin dipengaruhi oleh kondisi lingkungan pasca bencana yang masih berserakan dan kondisi air untuk kebersihan diri,” terangnya.


Taufik Jeremias, Koordinator Pelayanan PMI mengungkapkan bahwa PMI selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dalam melakukan pemeriksaan kesehatan. “Warga disini membutuhkan, sehingga saat tim medis datang di suatu wilayah yang dijadwalkan, telah banyak warga yang antri dengan tertib,” tuturnya saat di barangay San Pablo, Tabontabon, Leyte.


Kretsen, salah seorang perawat dari PRC yang selalu mendampingi tim PMI mengatakan bahwa warga di beberapa barangay, pasca bencana ini, tidak dapat melakukan aktifitas normal. Sehingga masalah kesehatan tidak menjadi perhatian utama. “Meski bencana telah lewat sekian waktu, kondisi warga yang menjadi korban masih belum normal, termasuk kesehatan,” katanya.


Sementara itu, bantuan dari Indonesia berupa hygien kit, beras, mie instan, air minum, seng dan tenda telah diditribusikan oleh PRC di beberapa barangay Tacloban City, Leyte.

Informasi lebih lanjut: Arifin Muh. Hadi, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI dan tim leader Misi Kemanusiaan PMI untuk Korban Topan Haiyan Filipina, Hp.   +639153560397  , atau Aulia Arriani, Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, Hp  0816 795 379  . kontak media: M Nashir, +639185243179  .

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

128517