Menu

 

A Member Of 

PMI Bantu 100 ton beras bagi pengungsi Myanmar Featured

Hingga hari ke 38, Operasi Bantuan Kemanusiaan PMI di Myanmar masih terus berlanjut. Setelah sebelumnya membantu permasalahan air bersih bagi pengungsi, kali ini Tim PMI memberikan bantuan berupa 100 Ton Beras bagi 6 Kamp pengungsi di Myanmar.

Bantuan beras ini diberikan berdasarkan hasil dari asesment multisektoral terhadap kebutuhan para IDPs  di penampungan darurat. Hasil asesment mengindikasikan, bantuan berupa pangan adalah kebutuhan prioritas utama, mengingat beras ini adalah kebutuhan pokok, yang masih sangat diperlukan.

Mr. U Tha Nu Chay,  Ketua Komite Relief dan Logistik yang juga menjabat Menteri General Affair di  Rakhine State,  atas nama otoritas pemerintah Myanmar menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada PMI atas bantuan beras tersebut.

“Sampai saat ini, kami memang masih mengalami kendala terkait dengan penyediaan kebutuhan pangan, mengingat jumlah pengungsi terus bertambah. Selain itu, warga miskin yang saat ini tinggal di daerah yang terkena dampak kerusuhan, sangat tergantung pada bantuan, karena telah kehilangan harta benda dan mata pencahariannya,” Kata  U Tha Nu Chay.

Bantuan beras dari PMI sebanyak 100 ton ini didistribusikan di 6 Kamp Pengungsian, juga 12 Desa desa yang terlanda dampak kerusuhan yang sangat ini sangat menderita hidupnya. Keenam  Kamp penampungan pengungsi yang dijangkau bantuan beras dari PMI adalah  Tet Kay Pin Camp, Ba Sa Ya Camp, dan Chaung Doke Khar Camp serta Moe a La Camp, Set Yone Su Camp dan Done Rtalk Camp.

Adapun para korban kerusuhan di luar kamp pengungsian yang  akan dijangkau bantuan beras PMI, adalah sebanyak 12 desa, yaitu  Ba Sa Ya, Bu May Basayar, Bay Dar, Tin Be, Nha Pon Gyi, Nha Pon Chay, San Pan Nhar, Thae Chaung, Zaw Pa Jar Pa Lin Pyin dan Hman Sie.

Arifin Muhammad Hadi, Team Leader Misi Kemanusiaan PMI di Myanmar menjelaskan, biaya pengadaan 100 tons beras ini mencapai  37.000.000 Myanmar Kyat atau sebesar sebesar  432.000.000 rupiah. Bantuan beras ini diangkut menggunakan kapal dari Pelabuhan Internasional Yangoon  ke Pelabuhan laut di Sitwe.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Arifin Muh. Hadi, Koordinator Tim PMI di Myanmar, Hp. +9509401524644 (nomor lokal). Kontak Media: Anggun Permana Sidiq, Hp. 0856 97777 313.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

128508