Menu

 

A Member Of 

PMI bantu Kebutuhan Air Bersih Pengungsi Myanmar Featured

Sampai dengan hari ke 15 misi kemanusiaan PMI di Myamar, Tim Watsan PMI telah merampungkan asesmen di penampungan pengungsi Myanmar dengan membantu kebutuhan air bersih bagi para pengungsi.

“PMI akan berkoordinasi dengan Presiden MRCS dan otoritas pemerintah Sittwee untuk rencana membantu pembangunan pompa air sebanyak 20 Unit di Kamp Bengali. Sementara untuk Latrine, PMI akan membangun 10 Unit untuk Kamp Bengali serta mengintalasi 12 unit tandon air untuk Kamp Rakhine.” Jelas Arifin M. Hadi, Team Leader Misi Kemanusiaan PMI di Myanmar.

“Selain itu, PMI juga akan membantu mobilisasi truk untuk distribusi air bersih ke barak-barak pengungsian serta pengadaan Sarana Instalansi Watsan (generator, slang  dan pompa air) dan mobilisasi relawan untuk mendukung kontruksi dan distribusi air tersebut,”  tambahnya.

Dr. Thaik Htun, operational Manager MRCS di Sitwe menyatakan bahwa saat ini MRCS telah berupaya untuk melakukan pengolahan air minum, mendistribusikan air ke barak barak pengungsian serta melakukan pelayanan medis keliling.

“Kami di dukung penuh oleh ICRC dan mendapatkan mandat dari otoritas pemerintah di Sittwe ini untuk melakukan pendistribusian air bersih. Tim Watsan MRCS bekerjasama unuk instalansi tandon tandon air, pembangunan latrine serta pompa air di kamp kamp pengungsian”, Kata Dr. Thaik Htun.

Secara umum kondisi pengungsi yang tinggal di barak-barak pengungsian cukup baik, namun pengungsi yang masih tinggal di tenda-tenda darurat, ketersediaan fasilitas sanitasi dan jaringan air masih kurang memadai dan dalam kondisi buruk.

Jumlah pompa air dan latrine masih kurang sebanding dengan jumlah populasi yang menempati tenda tenda darurat pengungsi Myanmar. Banyak pompa air dan latrine yang sudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Arifin Muh. Hadi, Kordinator Tim Medis dan Watsan PMI, Hp. 0811 943 952. Kontak Media: Anggun Permana Sidiq, Hp. 0856 97777 313.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

114707