Menu

 

A Member Of 

3.600 Anggota PMR Mengikuti Jumbara Ke-15 di Kabupaten Bogor Featured

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor menggelar kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) yang ke -15 pada tanggal 15-18 November 2017 di Bumi Perkemahan Cimandala, Kecamatan Sukaraja.Kabupaten Bogor.
 
Dalam pelaksaannya, tidak kurang dari 3.200 anggota Palang Merah Remaja (PMR)  berkumpul dan mengikuti event rutinan para anggota Palang Merah Remaja (PMR) ini yang merupakan perwakilan semua tingkatan sekolah baik setingkat SD, SMP/MTS, SMK/ SMA, MA negeri dan swasta se-Kabupaten Bogor.
Ketua PMI Kabupaten bogor Hj.Nurhayanti mengatakan, hingga saat ini PMI selama lebih 72 tahun telah berkiprah untuk kemanusiaan, saat ini telah berkontribusi banyak dalam upaya kaderisasi para sukarelawan generasi muda melalui wadah pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) sebagai peningkatan kapasitas organisasi.
 
Melalui kegiatan Jumbara ini sebagai Sarana pertemuan akbar para anggota relawan muda PMI yang mampu menularkan 7 prinsip gerakan kepalang merahan,kapada siswa lainnya dengan menyebarkan nilai nilai kemanusiaan.
 
"Saat ini PMI Kabupaten bogor mencatat ada 8.988 anggota PMR aktip yang tersebar di wilayah kabupaten Bogor, hal ini telah menginspirasi PMI sendiri untuk terus menerus melalukan perbaikan manajemen sukarelawan dan PMR," ungkap Nurhayanti yang juga menjabat sebagai Bupati Bogor ini.
 
Menurutnya, pihaknya sampai saat ini berupaya terus dalam meningkatkan manajemen organisasi, dari mulai sistem perekrutan, pelatihan, pengakuan dan penghargaan untuk menguatkan komitmen dan motivasi sukarelawan dalam melaksanakan pelayanan kepalangmerahan dan pengembangan organisasi.
 
"Melalui kegiatan jumbara ini merupakan salahsatu strategi pembinaan dan pengembangan PMR yang dikemas untuk mempertemukan para anggota PMR untuk bertukar pengetahuan, keterampilan dan bersama sama belajar bertukar pengalaman masing, sambil saling mengevaluasi dan merancang peran kegiatan PMR yang berkesinambungan,"Ungkap Nurhayanti.
 
Senada hal itu, Kepala Markas PMI Bogor Abidin menambahkan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh 40 kecamatan dan 143 perwakilan sekolah.
Tujuannya diadakannya kegiatan jumbara ini sebagai ajang evaluasi kegiatan PMR di sekolah dan meningkatkan pengetahuan, sikap, serta keterampilan PMR sebagai generasi penerus bangsa para kader relawan kemanusiaan masa depan.
 
Selain itu,menurutnya diadakannya kegiatan yang merupakan program kerja Pengurus PMI Kabupaten bogor ini merupakan satu bentuk kegiatan pembinaan sekaligus ajang pertemuan anggota PMR untuk saling berbagi keterampilan dalam suasana gembira, bersahabat, dan partisipatif dengan 
 
"Motto kegiatan ini adalah "Kami Generasi Berisi", adapun Tema kegiatan ini adalah "Sahabat PMR Inovatif dan Berkarakter".ujar Abidin
 
Dalam pelaksanannya lanjutnya, para peserta jumbara nantinya akan mengikuti berbagai kegiatan latihan gabungan materi kepalangmerahan, traveling kepalangmerahan, ajang kreatifitas PMR, pentas seni serta aksi sosial. 
 
"Harapannya dengan kegiatan Jumbara ini akan meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan yang sudah tertanam sejak dini bagi anggota PMR merupakan modal dasar mereka dalam mengembangkan pendidikan berkarakter masa depan," Harap Abidin.
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Abidin (Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor), Hp: 085694543039, kontak Humas/Hubungan Media Kegiatan, Atep Maulana,Hp.085659103056)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id