Menu

 

A Member Of 

Warga Wringin Nikmati Air Bersih Featured

Wakil Ketua PMI Jawa Tengah Bidang Yansoskesmas dr. Hartanto saat meninjau fasilitas air untuk warga Wringin Wakil Ketua PMI Jawa Tengah Bidang Yansoskesmas dr. Hartanto saat meninjau fasilitas air untuk warga Wringin

KARANGKOBAR – Sebanyak 139 Rumah di dusun wringin, Purwodadi kecamatan karangkobar kini sudah dapat menikmati akses air bersih langsung kerumah. Langkah tersebut merupakan pencapaian dari program Water Sanitation And Higyene (WASH) PMI Kabupaten Banjarnegara yang merupakan donasi dari Korean Red Cross Chapter Incheon.

Kordinator Lapangan Program WASH PMI Kabupaten Banjarnegara Heri Yulianto mengatakan, pencapaian tersebut merupakan komitmen dan kerja keras seluruh team, relawan desa dan masyarakat sekitar yang kian sadar tentang arti hidup bersih dan sehat. “kini masyarakat bisa langsung menikmati air bersih kerumah, jamban dan Kamar mandi tanpa bersusah payah ngangsu atau mengambil di bak penampungan irigasi “ ujarnya.

Dengan sistem meteran air yang dikelola oleh desa, masyarakat secara tidak sadar diajak untuk ikut merawat fasilitas yang telah dibangun oleh PMI seperti reservoir air, jaringan induk dan jaringan rumah hingga titik akhir diruang sanitasi atau kamar mandi. Selain itu proses edukasi yang terus berjalan ditengah masyarakat diberbagai segmentasi dan lapisan tersebut diharapkan mampu dilakukan secara optimal sehingga desa Purwodadi terbebas dari akses sanitasi dan jambanisasi dengan predikat buruk pada tahun ketiga pelaksanaan program.

Wakil Ketua PMI Jawa Tengah Bidang Yansoskesmas dr. Hartanto saat meninjau hasil fisik pelaksanaan program mengapresiasi pencapaian yang telah diraih dan berharap masyarakat mampu menjaga, merawat dan mengamalkan ilmu yang didapatkan dari proses edukasi tersebut. “ini merupakan langkah awal yang diharapkan dapat terus berkembang kedepan menjadi lebih baik ditengah masyarakat  menuju generasi yang sehat dan menerapkan perilaku hidup bersih “ ujarnya.

Selain didusun wringin, Purwodadi Kecamatan Karangkobar, Program WASH PMI Banjarnegara juga berjalan di desa Sirukem Kecamatan Kalibening yang pada tahun kedua ini difokuskan kepada pembangunan jamban keluarga sehat serta bantuan stimulan untuk akses sanitasi masyarakat serta pelatihan relawan desa dan promosi kesehatan yang menyasar berbagai lapisan masyarakat seperti PKK, kelompok pengajian, anak sekolah dan remaja Karang Taruna. **Alwan

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id