Menu

 

A Member Of 

Banjir dan Longsor di Pangandaran, PMI Kirimkan Sukarelawan Featured

Sukarelawan PMI Bantu Bersihkan Fasilitas Umum Paska Longsor di Pangandaran Sukarelawan PMI Bantu Bersihkan Fasilitas Umum Paska Longsor di Pangandaran
Hujan deras yang terus mengguyur wilayah pangandaran sejak Jumat malam telah menyebabkan sungai  meluap sehingga mengakibatkan banjir yang merendam ratusan rumah di wilayah tersebut.
 
Selain banjir bandang, hal ini juga menyebabkan longsor yang menimbun dua rumah di Dusun Sangkang Bawang RT 19 RW 08 Desa Kalijati Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Akibatnya 4 orang meninggal dunia dan 3 orang luka ringan tertimbun longsoran. Korban yang selamat sudah berhasil dievakuasi, adapun Korban meninggal dunia sudah dikebumikan atas nama Ny. Yuyun (36), Aldi (6), Andika (8 bulan), dan Ny. Arsih (60), sedangkan Korban luka ringan adalah Rasman (40), Ari (14), dan Anida (8 bulan) sudah mendapatkan penanganan medis.Selain menimpa rumah, longsoran tanah juga menutup akses jalan di daerah tersebut.
 
Sekretaris PMI Kabupaten Pangandaran Dadang Gunawan mengatakan,pihaknya ikut prihatin atas kejadian musibah ini, PMI sebagai lembaga kemanusiaan dalam merespon bencana ini sudah ikut menerjunkan sukarelawannya untuk melakukan assesmen ke beberapa wilayah yang terdampak.
 
“kita ikut prihatin, selain banjir juga ada longsor yang telah menyebabkan korban jiwa dan korban luka luka yang menerjang dua rumah" ungkap dadang.
 
Dadang menambahkan dalam merespon kejadian ini pihaknya sudah menerjunkan 10 Sukarelawan dan 1 kendaraan ambulans. 
 
Selain itu sebagai respon awal pihaknya juga akan mengirimkan bantuan kedaruratan awal seperti mie instan, family kit sebagai stimulan bantuan kedaruratan.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran,H.Nana Ruhena  dalam siaran pers nya mengatakan, Kondisi ketinggian air, saat ini di lokasi banjir sudah turun, kondisi aman dan terkendali, sebagian pengungsi korban banjir sudah mulai kembali ke rumah masing-masing. Kondisi di daerah longsor hanya tinggal membereskan material yang menutupi jalan raya, sebagian material yang ringan sudah di selesaikan secara gotomg royong tanpa menggunakan alat berat. Pemantauan kondisi banjir dan longsor di lakukan secara terus menerus oleh pihak Pemerintah, TNI/POLRI dan Organisasi Relawan Penanggulangan Bencana, Kesiapsiagaan masyarakat terdampak banjir dan longsor terus di tingkatkan dalam rangka mengantisipasi banjir atau longsor susulan dengan mempersiapkan diri seandainya harus mengungsi.
 
Pihaknya menghimbau, sehubungan dengan banyaknya berita dan foto-foto kejadian bencana di Kabupaten Pangandaran yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenerannya baik melalui media sosial maupun media elektronik lainnya, maka kami sampaikan agar lebih bijak, lebih hati-hati, lebih teliti, lakukan cek and recek kebenarannya
Last modified onMinggu, 08 Oktober 2017 05:09

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id