Menu

 

A Member Of 

Vertiminaponik Solusi Ketahanan Pangan Featured

Kota Surakarta yang dilalui oleh Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo menjadi wilayah program Community Flood Recilience (CFR) kerjasama dengan Zurich Insurance yang menitikberatkan pada pembentukan masyarakat tangguh banjir.
 
Vertiminaponik merupakan teknik mengabungkan antara bercocok tanam organik dengan budidaya ikan di dalam satu tempat. Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dan PMI meningkatkan ketahanan pangan warga di daerah rawan banjir dengan memanfaatkan keterbatasan lahan.
“Yang ditanam jenis sayuran konsumsi harian berupa bayam, kangkung, selada, sawi dan lain sebagainya, selain dikonsumsi sendiri sebagian dijual secara berkelompok” ujar Ester Murtiningsih anggota sibat Kelurahan Sewu.
 
Sayuran itu merupakan kebutuhan sehari – hari, program pengurangan resiko yang dikembangkan memiliki dampak dalam hal ekonomi dan ketahanan “Hasil vertimina ini bisa dikonsumsi sendiri atau di jual” terang Ester.
 
Program ini dilaksanakan di 3 (tiga) kelurahan yaitu Semanggi, Sangkrah, & Sewu Kecamatan Pasar Kliwon. Masing – masing kelurahan dibuat 100 set vertiminaponik, dimana untuk 1 (satu) set bisa menampung 100 - 120 tanaman yang berlangsung sejak tahun 2016. Pemerintah setempat telah memfasilitasi pengembangan vertimina di setiap rumah secara bertahap.
 
Ester juga berinisiatif membentuk kelompok untuk mewadahi masyarakat. “Program ini selain melibatkan anggota sibat juga melibatkan masyarakat setempat, kelompok ini memproduksi sendiri pupuk organic cair (POC) dan kompos dan juga membantu dalam penjualan hasil panen vertiminaponik” ujar ibu rumah tangga ini.
 
Hasil vertiminaponik ini diharapkan bisa mengurangi biaya untuk belanja pangan rumah tangga, dan untuk tujuan jangka panjangnya bisa menumbuhkan kelompok tani yang mampu menghasilkan sayuran organik yang bisa dijual di pasar – pasar baik tradisional maupun modern.
 
Masyarakat berkomitmen untuk menanam tanaman organik tersebut dan mengembangkan koperasi masyarakat, sehingga terus menanam tanpa perlu menunggu bibit bantuan dari program. Kelurahan Sewu telah mendeklarasikan diri sebagai Kelurahan Hijau.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id