Menu

 

A Member Of 

Sukarelawan SIBAT PMI Jakarta Kembangkan Sistem Peringatan Dini Banjir Featured

Sukarelawan Sibat PMI Jakarta menjelaskan bagaimana cara kerja sistem peringatan dini untuk banjir Sukarelawan Sibat PMI Jakarta menjelaskan bagaimana cara kerja sistem peringatan dini untuk banjir
Berbagai upaya inovasi sukarelawan Sibat PMI dalam mewujudkan kesiapsiagaan bencana yang ditampilkan diarena kegiatan Temu Relawan Siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) yang digelar di gunung pancar kabupaten Bogor. seperti yang dilakukan sejumlahi sukarelawan Siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) dari kontingen PMI provinsi Jakarta.
 
Mereka merancang alat sederhana untuk membangun early warning system banjir di Jakarta. Cukup dengan mengandalkan alat sederhana ini diharapkan dapat menerapkan upaya kesiapsiagaan warga masyarakat dalam menghadapi bencana banjir.
"Pembuatan alat pendeteksi banjir ini merupakan hasil inovasi para sukarelawan Sibat dalam mengembangkan model sederhana upaya kesiapan banjir melalui pemantauan debit air" Ungkap Joko suwondo salahsatu pendamping Sibat disela sela kegiatan Temu Sibat Nasional di Gunung pancar Kabupaten Bogor.
 
Menurut dia, alat tersebut akan memberikan informasi ketinggian debit air sungai yang berfungsi untuk mengantisipasi potensi banjir terlebih jika curah hujan yang tinggi.
 
Dia mengemukakan, alat ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem alat yang dapat digunakan untuk pemantauan ketinggian air dengan menggunakan komponen elektronikasederhana.
 
Lalu bagaimana bentuk early warning system banjir di rancang?
 
Joko menjelaskan, setidaknya ada beberapa peralatan sederhana seperti beberapa rangakian instalasi paralon,bola sebagai pelampung yang berfungsi sebagai pendorong tekanan jika debit air meningkat yang menghubungkan ke alarm sebagai alat ukur peringatan.Alat ini juga akan menampilkan kondisi air pada ketinggian tertentu dengan indikator LED dan sirine. disana terdapat saklar otomatis yang akan menghubungkan rangkaian tersebut karena adanya dorongan air sungai yang meninggi. Dengan demikian, ketika saklar terhubung maka arus listrik dapat mengalir dan menghidup alarm.
 
Saat ini alat ini mulai dikembangkan oleh Sibat dikecamatan kecamatan penjaringan dan pademangan jakarta utara.
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Arifin M Hadi, (Kadiv Penanggulangan Bencana PMI Pusat), Hp: 081297777755, Narahubung media, Anggun Permana, HP. 085697777313

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id