Logo
Print this page

JK Himbau Masyarakat tetap Berdonor darah Featured

Di Tengah banyaknya penyebaran Virus Covid-19 yang melanda Indonesia dan Tengah mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) menghimbau masyarakat yang sehat untuk tetap berdonor darah rutin untuk kebutuhan masyarakat, hal ini disampaikan JK, di Markas Pusat PMI, Rabu (18/03).
 
JK mengatakan, masyarakat yang sehat tetap bisa mendonorkan darahnya ke PMI, namun tetap memperhatikan aspek kewaspadaan dan tetap tenang. “Masyarakat yang sehat, tetap bisa mendonorkan darahnya ke Unit Donor Darah (UDD) PMI terdekat secara rutin,” jelas JK.  
 
PMI sendiri telah menerapkan protokol atau panduan terkait dengan pelaksanaan Donor Darah di masing-masing UDD untuk membuat masyarakat aman dan nyaman serta tenang dalam mendonorkan darahnya.
 
“Selain Virus Corona, wabah DBD saat ini juga menjadi perhatian bagi masyarakat, untuk itu saya menghimbau kepada para Relawan donor darah untuk berdonor demi kemanusiaan,” ujar JK.
 
JK menambahkan, tidak ada hubungan donor darah dengan virus Corona, JK Menyarakan masyarakat yang sehat, dan tidak dalam ODP (Orang Dalam Pengawasan) dapat mendonorkan darahnya,” tambah JK.
 
Berikut adalah protokol terkait dengan pelaksanaan Donor Darah di setiap Unit Donor Darah;
 
1.Sebelum memasuki gedung UDD PMI akan dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu.
2. Pendonor wwajib mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang sudah disediakan.
3. Melakukan pendaftaran ke bagian administrasi.
4. Melakukan pemeriksaan Dokter.
5.Melakukan pengecekan HB dan tensi.
6. Masuk ke ruangan pengambilan darah dan selamat berdonor darah. ###
 
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Humas Unit Donor Darah Pusat, Lilis Widjaya, HP. 0821 2345 9337,  Kontak Media, Risa Oktaviani, HP. 0838 2052 1283.
Template Design © Palang Merah Indonesia. All rights reserved.