Menu

 

A Member Of 

Siap Hadapi Bencana, PMI Susun Rencana Kontijensi Gempa Sunda Megathrust Featured

Setting lempeng tektonik Sunda Megathrust (Wikipedia) Setting lempeng tektonik Sunda Megathrust (Wikipedia)

BANDAR LAMPUNG – Guna mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) PMI Se-Provinsi Lampung dalam kesiapsiagaan bencana, PMI menyusun rencana kontijensi Gempa Sunda Megathrust. Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta se-provinsi Lampung ini, berlangsung dari Senin – Jumat (17-21/7).

Gempa Sunda Megathrust adalah gempa yang terjadi pada zona subduksi (tumbukan lempeng bumi) di bawah laut Selat Sunda.  Tumbukan lempeng tersebut berpotensi menimbulkan gempa bumi hingga Mw 9. Bahkan dapat memicu terjadinya Tsunami hingga lebih 20 meter di pesisir Banten dan Lampung.

Umar Hasan, Ketua PMI Provinsi Lampung menjelaskan bahwa hingga kini para peneliti belum dapat mengetahui kapan keterulangan gempa di Selat Sunda akan terjadi karena masih minimnya data sejarah ataupun studi paleotsunami di Selatan Jawa.

“Dengan adanya rencana kontijensi ini, maka kita telah bersiap untuk menghadapi scenario terburuk jika bencana tersebut terjadi,” tuturnya saat membuka acara tersebut di PMI Provinsi Lampung.

Melibatkan BPBD Provinsi Lampung, Basarnas Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dinas Sosial Provinsi Lampung dan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, rencana kontijensi tersebut membahas mengenai peran dan fungsi masing-masing lembaga serta alur kordinasi saat bencana terjadi.

“Dalam hal ini, PMI tak hanya fokus dalam penanggulangan bencana. Rencana kedepan, kami akan mengedukasi masyarakat mengenai kebencanaan agar lebih siap dan menjadi masyarakat yang tangguh bencana,” imbuhnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Hady Prasetyo, Humas PMI Provinsi Lampung, HP: 082185974833

Last modified onKamis, 20 Juli 2017 08:57

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id