Logo
Print this page

PMI Kirimkan 50 Ribu Masker ke Hongkong Bantu Pencegahan Virus Corona Featured

PMI Kirimkan 50 Ribu Masker ke Hongkong Bantu Pencegahan Virus Corona
Palang Merah Indonesia (PMI) ikut menyikapi isu mewabahnya penyebaran virus corona yang saat ini menjadi perhatian di dunia internasional.
 
Salah satu upaya langkah yang dilakukannya akan mengirim bantuan 10.000 masker ke Hongkong. Bantuan ini merupakan bagian dari upaya membantu Hongkong, yang dekat dengan China, dalam mencegah meluasnya virus Corona.
 
Selain itu melakukan himbauan dan penyebaran media informasi kepada seluruh komponen jajaran PMI untuk melakukan kampanye terhadap penyebaran virus yang dianggap mematikan itu
 
"Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, PMI memperkuat kordinasi dan kerjasama dengan perhimpunan gerakan Palang Merah internasional. Federasi Palang Merah Internasional (IFRC) yang beranggotakan Perhimpunan Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia terus memantau dengan ketat perkembangan situasi pandemik virus corona," Ujar Sekjen PMI Pusat Sudirman Said. 
 
Bantuan ini merupakan bagian dari upaya membantu Hongkong yang jaraknya lebih dekat dengan Tiongkok dalam mencegah semakin meluasnya Corona. Selain itu masker akan dkirimkan ke Hongkong dan pembagiannya kepada masyarakat menjadi wewenang negara tersebut. 
 
"Masker dikirimkan atas permintaan dari Palang Merah HongKong yang merupakan salah satu mitra PMI dikarenakan persedioan semakin menipis dan saat ini sulit didapatkan," kata Sekretaris Jendral PMI Sudirman Said.
 
Sebelumnya, dalam menaggapi hal ini, pada jum,at kemarin pihaknya juga sudah melakukan koordinasi para Sekjen Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dari 52 negara melakukan konferensi online (webiner confrence), untuk mendiskusikan perkembangan terkini dan menyusun langkah bersama mengantisipasi meluasnya penyebaran virus Corona
 
Tidak hanya itu, dalam pencegahan dan penanggulangan virus mematikan ini PMI juga melakukan imbauan dan penyebaran media informasi kepada seluruh komponen jajaran untuk melakukan kampanye tentang kesiapsiagaan menghadapi ancaman Corona. 
 
Lanjut dia, langkah yang dilakukan lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dan PMI memperkuat koordinasi kerjasama dengan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)
 
Selain itu, IFRC yang beranggotakan Perhimpunan Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia terus memantau dengan ketat perkembangan situasi pandemik virus corona.
 
Sebelumnya dalam menanggapi hal ini, pada Jumat, (31/1)  pihaknya juga sudah melakukan koordinasi para Sekjen Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dari 52 negara melakukan konferensi online (webiner confrence) untuk mendiskusikan perkembangan terkini dan menyusun langkah bersama mengantisipasi meluasnya penyebaran Corona.
 
"PMI terus mendukung upaya pemerintah dalam melakukan mitigasi risiko dengan menggerakkan seluruh posko dan relawan. Pekan depan juga akan dilaksanakan pertemuan koordinasi dengan PMI provinsi dan kabupaten/kota yang memiliki risiko paling tinggi bagi penyebaran Corona," tambahnya.
 
Sudirman mengatakan PMI di 34 provinsi meningkatkan kesiapsiagaan di seluruh daerah terutama di kota dan kabupaten yang berisiko sebagai perlintasan antarnegara dengan meningkatkan kesiagaan. 
 
Sebagai langkah preventif yang dilakukan oleh PMI Pusat dengan membuat media informasi kampanye tentang kesiapsiagaan pencegahan virus corona untuk disebarluaskan di setiap tingkatan melalui media sosial PMI.
Last modified onKamis, 06 Februari 2020 11:47
Template Design © Palang Merah Indonesia. All rights reserved.