Menu

 

A Member Of 

Helikopter dan Haglund Bantu Bawa Bantuan Dari PMI Featured

Bogor, Jabar - Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan helikopter jenis Bolcow BO-105 guna menyalurkan atau mendistribusikan bantuan untuk ratusan pengungsi korban bencana banjir di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
 
"Kami mengoperasikan helikopter ini karena akses jalan menuju lokasi bencana dan tempat pengungsian di Kampung Cileuksahilir, RW 02 dan 013, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya terputus dan sulit ditembus melalui jalur darat," kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjen (Purn) Sumarsono di Bogor, Rabu.
 
Informasinya, di kampung ini jumlah penduduk mencapai seribu jiwa dan akibat dari bencana banjir disertai tanah longsor sekitar 100 orang mengungsi karena rumah mereka hanyut terbawa arus banjir dan sebagian tertimbun longsor.
Daerah ini menjadi fokus pengiriman bantuan dari lembaga kemanusiaan ini karena sudah empat hari kesulitan mendapatkan makanan sehingga, PMI mendistribusikan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan pangan korban.
 
Bukan berarti distribusi bahan makanan dengan menggunakan jalur udara ini tanpa hambatan kondisi cuaca yang tidak menentu ditambah awan tebal dan hujan deras disertai angin kencang sehingga, pengiriman logistik ini baru bisa dilakukan pada sore Rabu, (8/1)
 
Selain Kampung Cileuksa Hilir, helikopter PMI juga mendropping bantuan ke Kampung Ciear dan Cijairin, Desa cileuksa yang berada di kaki Gunung Halimun yang merupakan wilayah terisolir akibat tanah longsor.
 
Di dua kampung ini terdapat 700 warga yang masih bertahan di rumah masing-masing karena akses jalannya terputus. Warga sangat membutuhkan makanan dan minuman, bubur serta susu untuk bayi.
 
"Bantuan yang kami (PMI) berikan tidak hanya pada masa tanggap darurat saja rencananya pada masa pemulihan PMI akan tetap memberikan layanan khususnya kepada para korban bencana di Kabupaten Bogor ini," tambahnya.
 
Sumarsono mengatakan relawan PMI yang dikerahkan untuk membantu warga di lokasi bencana akan melakukan berbagai layanan seperti pelayanan kesehatan dan lainnya. Pihaknya juga mengapresiasi warga yang ikut bergotong royong membantu korban bencana.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

216608