Menu

 

A Member Of 

Persiapan Posko Siaga Lebaran, PMI Kabupaten Sukabumi Latih Sukarelawan Tunanetra Featured

Pelatihan Sukarelawan Penyandang Tunanetra Oleh PMI Pelatihan Sukarelawan Penyandang Tunanetra Oleh PMI
SUKABUMI - Sejumlah penyandang tunanetra di Sukabumi yang tergabung dalam organisasi IkatanTunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Sukabumi mendapatkan pelatihan Pertolongan Pertama bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, yang diselenggarakan di Sekretariat ITMI, di Desa Rambay, Kecamatab Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (01/06).
 
Sekitar 15 orang penyandang tunanetra itu mendapat pengetahuan dasar bagaimana cara menolong orang yang kecelakaan dan gangguan medis dasar lainnya, sebisa dan sekemampuan yang bisa dilakukan oleh para anggota tunanetra tersebut.
Tak hanya pengenalan materi, para pemateri yang didatangkan dari Relawan PMI Kabupaten Sukabumi ini mengajarkan para peserta praktik langsung bagaimana cara tindakan pertolongan pertama kepada korban yang mengalami kecelakaan, pingsan dan cidera patah tulang.
 
Ketua ITMI DPD Sukabumi Adi Nugroho mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan yang di inisiasi oleh PMI Kabupaten Sukabumi ini, karna disadarinya pengetahuan dan ketrampilan pertolongan pertama ini sangat dibutuhkan oleh para anggota ITMI dalam sehari-hari apalagi ketika berhadapan dengan kondisi darurat.
 
Diakuinya, walaupun mereka berada dalam keterbatasan penglihatan, tetapi semangat anggota ITMI sangat antusias sekali terlebih untuk menolong sesama.
 
"Selain untuk mengisi agenda kegiatan di bulan Ramadhan, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk untuk peningkatan kapasitas para anggota ITMI yang sebagian besar turut bergabung menjadi sukarelawan di PMI", ungkap Adi.
 
Senada hal tersebut, Komandan Korps Sukarelawan (KSR) PMI Kabupaten Sukabumi Kris Dwi purnomo mengatakan, kegiatan ini dilakukannya untuk peningkatan kapasitas para anggota ITMI yang sebagaian besar telah bergabung menjadi sukarelawan PMI, karena potensi jiwa kerelawanan mereka sangat tinggi,  terbukti setiap tahun menjelang perayaan lebaran mereka bertugas di Posko Kesehatan PMI untuk membuka  posko pelayanan pijat gratis kepada pemudik.
 
"Dalam rangka persiapan Posko Siaga Lebaran tahun ini, rencananya para anggota ITMI ini nantinya akan dimobilisasi dan di tempatkan bergabung dengan para anggota sukarelawan PMI yang lainnya untuk melayani pemudik yang melintas wilayah Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Atep Maulana, Humas PMI Kab Sukabumi, HP: 085880375073

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id