Menu

 

A Member Of 

BPOM Tinjau Kesiapan UTD Untuk Sertifikasi CPOB Featured

BPOM tinjau kesiapan alat transfusi darah PMI BPOM tinjau kesiapan alat transfusi darah PMI

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia melaksanakan kunjungan di Unit Transfusi Darah (UTD) Pusat PMI, Jumat (19/5). Kunjungan tersebut merupakan langkah persiapan sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik atau Good Manufacturing Practice (CPOB / GMP) bagi UTD Pusat PMI dan sejumlah UTD PMI lainnya.

Dalam lawatannya, Direktur Pengawasan dan Produksi Produk Terapetik BPOM, Bagus Kusuma Dewa, dan Kepala seksi analisis penerapan CPOB, Nursaadah, melakukan audiensi dengan dr. Linda Lukitari Waseso (Ketua Bidang UTD Pengurus Pusat PMI), dr. Ria Syafitri (Kepala UTD Pusat PMI), dr. Sri Hartaty (Kepala Bidang Pelayanan Darah), dan dr. Saptuti Chunaeni (Kepala Bidang Litbang dan Poduksi).

Selain itu, Bagus Dewa dan Nursaadah meninjau secara langsung persiapan UTD Pusat dalam sertifikasi CPOB. Mereka mendatangi secara langsung gudang logistik UTD Pusat PMI, Laboratorium Pengolahan komponen darah, Laboratorium Produksi Reagensia, Laboratorium Uji Mutu, Ruang Diklat, dan sejumlah fasilitas lainnya. Kemudian Perwakilan BPOM tersebut memberikan sejumlah saran agar UTD Pusat PMI mendapatkan sertifikasi CPOB.

Sementara itu, dr Linda Lukitari menjelaskan UTD Pusat PMI senantiasa memenuhi pelbagai aspek yang dibutuhkan dalam penerapan CPOB. “Pengurus Pusat PMI selalu mendukung UTD PMI di seluruh Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, hal tersebut kita awali dengan persiapan untuk mendapatkan sertifikasi CPOB” Jelas dr. Linda.

Kemudian ia juga menambahkan setifikasi CPOB ini sangat dibutuhkan UTD PMI dalam mendukung pembuatan fraksionasi plasma oleh UTD PMI. “Semoga kegiatan hari ini menjadi pembelajaran kami untuk mendapatkan sertifikasi CPOB dan merealisasikan fraksionasi plasma di Indonesia” tutup dr. Linda.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Putri Srihartaty, M.Biomed, Humas Unit transfusi Darah PMI Pusat, Hp: 081316766163

Last modified onSenin, 22 Mei 2017 04:24

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id