Menu

 

A Member Of 

PMI Ajak Pelajar Siap Hadapi Bencana Featured

Pelajar SDN 10 Berau berlatih melindungi diri di kolong meja ketika gempa terjadi Pelajar SDN 10 Berau berlatih melindungi diri di kolong meja ketika gempa terjadi

TANJUNG REDEB – Guna membangun kesadaran dan kewaspadaan terhadap bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau melakukan kegiatan edukasi kesiapsiagaan bencana, Senin (1/5). Bertempat di Kecamatan Tanjung Redeb, kegiatan ini diikuti oleh 380 pelajar dari beberapa sekolah diantaranya TKIT Ash-Shohwah Bereau, SDN 10 Berau, SMPN 2 Berau dan MAN Tanjung Redeb.

Eta Setiawan, Kepala Markas PMI Kabupaten Berau menjelaskan bahwa edukasi ini penting dilakukan mengingat Indonesia adalah supermarket bencana. Kita tidak tahu kapan bencana akan terjadi. Oleh karena itu, kita harus memahami bagaimana mempersiapkan diri agar siap hadapi bencana.

“Edukasi mengenai bencana harus dimulai sejak dini, karenanya kegiatan ini difokuskan untuk para pelajar. Mereka pun nantinya dapat menularkan ilmu yang didapat kepada keluarga dan teman-temannya.” Tambah Eta.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk mencanangkan disahkannya Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional pada 26 April. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan tanggal disahkannya Undang Undang Nomor 24 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Bencana di sahkan oleh pemerintah.

“Kegiatan edukasi yang dilakukan antara lain latihan evakuasi mandiri disaat bencana terjadi, uji tempat evakuasi sementara, latihan mendirikan tenda-tenda darurat dan diseminasi informasi dengan melakukan sosialisasi kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat melalui siaran radio bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau dan Radio MBS FM.” Imbuh Eta.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Berau, Hatta Basrie berharap kegiatan ini jangan hanya dilakukan pada saat momen tertentu. Tetapi dapat dilakukan secara kontinyu dan terencana kepada masyarakat bekerjasama dengan komponen pelaku penanggulangan bencana yang lain.

“Ke depannya kami akan berupaya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan ini secara terus menerus dan bekerjasama dengan para pelaku penaggulangan bencana yang lain. Sebagai bentuk tanggung jawab dan kewajiban kami dalam memberikan pengetahuan dan informasi terkait kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana kepada masyarakat,” paparnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Eta Setiawan, Kepala markas PMI kabupaten Berau, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. , HP : 081346442903/082155672348 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id