Menu

 

A Member Of 

Magelang di Terjang Banjir Bandang, PMI Turun Tangan Featured

900 paket makanan diproduksi PMI setiap harinya untuk warga terdampak banjir bandang Grabag, Kabupaten Magelang 900 paket makanan diproduksi PMI setiap harinya untuk warga terdampak banjir bandang Grabag, Kabupaten Magelang

Hujan deras yang melanda kawasan Gunung Merbabu sejak Sabtu siang hingga sore, menimbulkan bencana alam banjir bandang di Dusun Nipis, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu lalu (29/4/2017) sekitar pukul 14.30 Wib. Banjir bandang membawa air disertai lumpur, batu dan pohon tumbang menerjang permukiman warga.

Tim SAR gabungan terus melakukan penanganan darurat. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Magelang hingga Sabtu malam pukul 20.00 Wib, banjir bandang menyebabkan 5 orang meninggal dunia, 5 orang hilang, dan 3 luka luka berat. Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten dan kota Magelang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Magelang bersama BNPB, TNI, Polri, Basarnas, Dinas PU dan Dinas Kesehatan langsung melakukan evakuasi dan memberikan penanganan darurat.

Ayik, Staf divisi penanggulangan bencana PMI Kabupaten Magelang menuturkan, mengetahui adanya laporan bencana banjir bandang yang melanda Kecamatan Grabang, PMI langsung bersiap untuk turun tangan membantu masyarakat yang terdampak.

"1 unit ambulan dan 21 sukarelawan PMI dikerahkan untuk membantu dalam evakuasi, memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas Grabag dan membuka dapur umum yang selalu memproduksi 900 paket makanan setiap harinya." jelas Ayik.

Bencana longsor di Kabupaten Magelang juga terjadi di tiga tempat yang berbeda yaitu Dusun Pagergunung, Desa Ambartawang, Kecamatan Mungkid; di Dusun Tegalombo, Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman; dan Dusun Sumberejo, Desa Bigaran, Kecamatan Borobudur. Di ketiga lokasi longsor ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun terdapat beberapa rumah rusak.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Ayik, Staf PB PMI Kabupaten Magelang, Hp: 08121587433

 

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id