Menu

 

A Member Of 

Blusukan Masuk Kampung Demi Kesehatan Warga Featured

Palang Merah Indonesia (PMI) kota Surakarta bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menyusuri sejumlah kampung di Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasar Kliwon, untuk mengecek kesehatan warga pada kamis 31/10/2019 pagi.
 
Oxdri Poespita Ningrum (23), salah seorang dokter yang terlibat dalam kegiatan susur kampung mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk melihat kondisi masyarakat yang seutuhnya. Total 13 dokter mengikuti program susur kampung pagi ini, ditambah relawan dan dokter dari PMI Solo.
 
Menurut saya program ini sangat baik, sebab, selain mengetahui aspek medis dari pasien, kami yang mengikuti program ini juga bisa mengetahui aspek lain dari pasien, misalnya aspek sosial, dan lingkungan.
 
“Selama ini yang kami tahu pasien sudah di rumah sakit. Kami hanya melihat aspek kesehatannya saja. Bisa jadi dengan begini kita jadi tahu aspek-aspek yang lain, yang juga mempengaruhi kesehatan pasien,” ungkapnya. 
 
"Hidup akan selalu terasa jauh dari kata sempurna. Manusia akan selalu merasa kurang dan kurang. Kadang kita berada dibawah dan orang lain berada diatas, begitupun sebaliknya. Bersyukur merupakan kunci agar bisa melihat hidup ini menjadi indah dan cukup, dan tetap berusaha agar menjadi insan yang lebih baik. Tuhan tidak melihat kebaikan dari seberapa besar kecil atau besar, melainkan dari rasa ikhlas. Hidup sederhana bukan berarti tidak bahagia. Dengan bersyukur dan ikhlas, hidup terasa lebih indah", lanjutnya.
 
Sekertaris PMI Solo, Sumartono hadinoto mengungkapkan bahwa program susur kampung ini terus berjalan dan dikembangkan sebagai bentuk kepedulian PMI Solo kepada masyarakat. Kegiatanya menyusuri kampung disejumlah kelurahan dan kecamatan memberikan pelayanan pengobatan gratis.
 
Layanan gratis ini bekerja sama dengan Dompet Kemanusiaan PMI Solo, dimana dana yang dihimpun dan dikembalikan lagi kepada masyarakat 100%, paparnya.
 
"Melalui kegiatan ini kami juga mengajak kepada masyarakat untuk saling bahu membahu saudara kita yang belum beruntung memiliki jaminan kesehatan,  melalui program ini masyarakat bisa dengan sukarela membantu melalui Bank Mandiri 138 00 1586330 6 atau Bank BCA 015 85 22 333", pungkasnya.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

204702