Menu

 

A Member Of 

Jateng Laksanakan Rakor Penanggulangan Karhutla Gunung Slamet Featured

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana memimpin jalannya rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) lereng gunung Slamet Minggu (22/9) siang. Kegiatan dihadiri pimpinan TNI-POLRI, PMI, BPBD, Perhutani serta jajaran terkait. 
 
Saat dimintai keterangan usai kegiatan Sarwa Pramana mengatakan upaya pemadaman telah dilakukan TNI-POLRI, Relawan, BPBD dan semua pihak dengan menggunakan cara manual dengan membuat sekat atau parit untuk memutus api. Bahkan ada relawan yang rela membawa jerigen berisi air naik untuk memadamkan api. 
"Namun, melihat perkembangan Kamis (18/9) kemarin Gubernur memerintahkan kepada saya untuk melakukan kajian secara cepat. Apakah perlu penanganan menggunakan pesawat," kata Sarwa yang juga Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jateng.
 
"Data untuk kajian masih kita tunggu apakah perlu menggunakan pesawat atau tidak,"jelasnya.
 
Seandainya membutuhkan penanganan dengan pesawat, kata Sarwana, kemungkinan terburuk akan mengambil air dari sumber di Rawa Pening untuk melakukan water boombing. Itu tentu perlu kajian mengingat jarak untuk mencapai kawasan Brebes dan Banyumas cukup jauh.
 
"Memang tadi ada dua sumber di Banyumas, namun perlu dilihat ketinggiannya. Di Brebes juga ada yang direkomendasikan. Namun kita lihat apakah titik hot spot-nya apakah hanya butuh satu pesawat atau tidak. Ini yang menjadi kajian lebih cepat untuk segera dieksekusi,"ujarnya.
 
Berikutnya, kata Sarwa, terkait drone untuk memantau titik api membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Diantaranya dengan jangkauan 30 KM dan kemampuan batere 3 jam. Akan tetapi tadi disarankan tidak perlu cukup menggunakan satelit yang di-update setiap hari.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

187572