Menu

 

A Member Of 

PMI Jateng-Jatim Susun Renkon Banjir Bengawan Solo

Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa, mencapai 650 kilometer lebih panjangnya, melintasi wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meliputi wilayah Wonogiri, Surakarta, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar,  dan daerah hilir meliputi Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Madiun, Ngawi dan Gresik.

“Adanya Program Masyarakat Tangguh Banjir ini sangat membantu masyarakat dan pemerintah di wilayah DAS (daerah aliran sungai) Bengawan Solo. Terbentuknya tim Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) di Wonogiri, Solo dan Bojonegoro, sangat membantu masyarakat yang rentan banjir,” ujar H. Subagyo SW, Wakil Ketua PMI Provinsi Jawa Timur, saat membuka Focus Discussion Group (FGD) Penyusunan Rencana Kontijensi Banjir DAS Bengawan Solo, di Bojonegoro, Senin 22 Mei 2017.

Read more...

BPOM Tinjau Kesiapan UTD Untuk Sertifikasi CPOB

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia melaksanakan kunjungan di Unit Transfusi Darah (UTD) Pusat PMI, Jumat (19/5). Kunjungan tersebut merupakan langkah persiapan sertifikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik atau Good Manufacturing Practice (CPOB / GMP) bagi UTD Pusat PMI dan sejumlah UTD PMI lainnya.

Dalam lawatannya, Direktur Pengawasan dan Produksi Produk Terapetik BPOM, Bagus Kusuma Dewa, dan Kepala seksi analisis penerapan CPOB, Nursaadah, melakukan audiensi dengan dr. Linda Lukitari Waseso (Ketua Bidang UTD Pengurus Pusat PMI), dr. Ria Syafitri (Kepala UTD Pusat PMI), dr. Sri Hartaty (Kepala Bidang Pelayanan Darah), dan dr. Saptuti Chunaeni (Kepala Bidang Litbang dan Poduksi).

Read more...

Gebyar Prolanis BPJS, PMI Kab. Boyolali Ikut Berpartisipasi

Guna mengoptimalkan program gerakan masyarakat sehat yang dicanangkan pemerintah, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Boyolali menggelar Gebyar Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang diikuti oleh ratusan peserta JKN-KIS di Rumah Makan Elangsari, Boyolali, Sabtu (20/5/2017).

Dengan mengusung tema “Sehatkan Gaya Hidup dan Hidupkan Gaya Sehat” BPJS Kesehatan dan PMI Kabupataen Boyolali mengajak peserta JKN-KIS, khususnya penderita diabetes mellitus dan hipertensi untuk melakukan pola hidup sehat dan bergabung dengan klub Prolanis yang berada di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), yakni puskesmas atau klinik.

Read more...

12 Tahun Bersama Palang Merah Kanada

Tak terasa 12 tahun sudah Palang Merah Indonesia (PMI) menjalin kerjasama dengan Palang Merah Kanada (Canadian Red Cross) sejak peristiwa tsunami melanda Indonesia.

Bertempat di Markas Pusat PMI, Palang Merah Kanada menyelenggarakan acara “Celebrating Partnership in Indonesia”, Selasa (16/5). Selain memperingati kerjasama yang telah terjalin selama 12 tahun, acara tersebut juga dimaksudkan sebagai penanda telah selesainya tugas dan kerjasama Palang Merah Kanada di Indonesia.

Read more...

PMI Ajak Pelajar Siap Hadapi Bencana

TANJUNG REDEB – Guna membangun kesadaran dan kewaspadaan terhadap bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau melakukan kegiatan edukasi kesiapsiagaan bencana, Senin (1/5). Bertempat di Kecamatan Tanjung Redeb, kegiatan ini diikuti oleh 380 pelajar dari beberapa sekolah diantaranya TKIT Ash-Shohwah Bereau, SDN 10 Berau, SMPN 2 Berau dan MAN Tanjung Redeb.

Eta Setiawan, Kepala Markas PMI Kabupaten Berau menjelaskan bahwa edukasi ini penting dilakukan mengingat Indonesia adalah supermarket bencana. Kita tidak tahu kapan bencana akan terjadi. Oleh karena itu, kita harus memahami bagaimana mempersiapkan diri agar siap hadapi bencana.

Read more...

Paska Gempa Pidie, PMI Masih Lakukan Giat Pemulihan

Meureudu – Paska gempa yang melanda Pidie Jaya , Aceh 7 Desember 2016 silam, Palang Merah Indonesia (PMI) masih melakukan kegiatan pemulihan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Sabtu (22/4). Kegiatan pemulihan PMI ini terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pemulihan mata pencaharian, hunian, dan air dan sanitasi melalui program bantuan berbasis tunai atau Cash Transfer Program (CTP).

Melalui program CTP, PMI akan menyalurkan bantuan dana untuk membantu memulihkan mata pencaharian masyarakat yang tertimpa gempa kepada 500 Kepala Keluarga (KK) di 54 desa di 5 kecamatan, yaitu Bandar Dua, Bandar Baru, Meureudu, Panteraja dan Tringgadeng. Dana bantuan senilai Rp. 2,730,000 per KK akan dipergunakan untuk penyedian kebutuhan dasar dan peralatan untuk menunjang kegiatan mata pencaharian masyarakat.

Read more...

Magelang di Terjang Banjir Bandang, PMI Turun Tangan

Hujan deras yang melanda kawasan Gunung Merbabu sejak Sabtu siang hingga sore, menimbulkan bencana alam banjir bandang di Dusun Nipis, Desa Sambungrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu lalu (29/4/2017) sekitar pukul 14.30 Wib. Banjir bandang membawa air disertai lumpur, batu dan pohon tumbang menerjang permukiman warga.

Tim SAR gabungan terus melakukan penanganan darurat. Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Magelang hingga Sabtu malam pukul 20.00 Wib, banjir bandang menyebabkan 5 orang meninggal dunia, 5 orang hilang, dan 3 luka luka berat. Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten dan kota Magelang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Magelang bersama BNPB, TNI, Polri, Basarnas, Dinas PU dan Dinas Kesehatan langsung melakukan evakuasi dan memberikan penanganan darurat.

Read more...

Logistik Habis, 11 Pendaki Gunung Gede – Pangrango Dievakuasi

Sebanyak 11 pendaki di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Sukabumi, terpaksa harus dievakuasi tim SAR gabungan, karena ada yang sakit dan juga  kehabisan logistik. Mereka dievakuasi melalui jalur pendakian Salabintana, Senin (10/4/2017).

Dua pendaki di antaranya dalam kondisi sakit, sehingga pendaki atas nama Dini Ariyanti terpaksa harus ditandu. Tim yang terlibat dalam proses evakuasi tersebut yakni relawan Volunteer Panthera, PMI, dan dibantu satu anggota Pramuka Peduli.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id