Menu

 

A Member Of 

PMI Kabupaten Pesisir Selatan Bantu Korban Kebakaran Featured

Painan, Darwanis 62 tahun, menatap kosong kearah sisa-sisa puing rumahnya yang hangus terbakar. Bagaimana tidak, ibu paruh baya tersebut tidak pernah manyangka bahwa rumah yang sudah puluhan tahun dia tempati bersama keluarga besarnya, sekarang hanya bagian teras yang tersisa. Badan rumah beserta isinya hangus terbakar.

Tidak ada satupun barang-barang yang didalam rumah yang tersisa, baik perabotan rumah maupun dokumen-dokumen berharga. Saking besarnya api, lantai rumahnya yang sudah terpasangi keramik itu, terkelupas semua. Beruntung tidak ada yang cedera. Saya, suami, anak, cucu dan menantu berhasil lolos dari amukan api di subuh naas itu.

“Api mulai naik sekitar jam 03:00 WIB dini hari. Tahu-tahu sudah terasa panas saja disaat saya terbangun saat dini hari naas tersebut. Saya dan sekeluarga  langsung keluar rumah semua. Api sudah tidak bisa dikendalikan lagi,” Kata Darwanis.

Api baru bisa dipadamkan sekira kurang dari setengah jam oleh petugas damkar Kabupaten Pesisir Selatan dibantu penduduk sekitar. Hanya mobil yang bisa diselamatkan anak saya, selebihnya hangus terbakar.

Dulharis, Kepala Kampung Kampung Berok menyatakan, kejadian menimpa rumah tersebut jam 03:00 WIB dini hari, sabtu tanggal 4 februari. Api diduga berasal dari konsrleting listrik dari ruang tamu. Karena plafon rumah dari bahan kayu triplek, api dengan cepat merambat keseluruh ruangan. Beruntung, karena kesigapan masyarakat dan petugas pemadam kebakaran, api tidak sampai merambat kerumah sebelah.

Saat ini, Darwanis dan Suardi suaminya dan 3 orang anggota keluarga lainnya untuk sementara menumpang menginap di rumah tetangga sebelah. Korban sangat membutuhkan bantuan donatur, minimal hunian sementara buat keluarga korban kebakaran ini.

PMI Kabupaten Pesisir Selatan sudah menyerahkan bantuan berupa paket Family Kit dan terpal, Senin (06/02) kemarin. Bantuan langsung diterima oleh Suardi sebagai kepala keluarga yang disaksikan oleh kepala kampung Kampung Berok.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Depi Yuli Hendri ( Staf PMI Kab. Pesisir Selatan ) HP. 081363420056.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id