Menu

 

A Member Of 

Tunjukkan Kemandirian, PMI Kab Tulang Bawang Barat Dirikan Warung Kopi Semut Featured

Warung Kopi Semut, Unit Usaha PMI Kab Tulang Bawang Barat Warung Kopi Semut, Unit Usaha PMI Kab Tulang Bawang Barat
Dalam rangka pengembangan sumber daya kelembagaan dan kemandirian, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tulang Bawang Barat, mendirikan satu unit usaha warung kopi, di tiyuh pulung kencana kecamatan tulang bawang tengah, kabupaten tulang bawang barat.
 
Warung kopi yang bernama Kopi Semut ini berdiri pada 27 maret 2016 lalu dan diberi nama warkop semut, terletak cukup strategis di pusat keramaian tiyuh pulung kencana, tepatnya diareal pasar dan berdekatan dengan taman bermain di lapangan tiyuh.
Kepala bidang pengembangan sumber daya (PSD) tuba barat Sugeng mengatakan warkop semut ini didirikan selain sebagai salah satu unit usaha untuk membantu biaya rutin organisasi. Selain itu juga bertujuan sebagai salah satu media interaksi sosial antar komunitas yang ada di tuba barat dalam rangka memperkuat hubungan kerja sama dengan sektor publik,swasta, mitra gerakan, serta pemangku kepentingan lainnya dalam rangka menjalankan mandat dan fungsi PMI.
 
Sedangkan bahan baku kopi, lanjut sugeng diperoleh dari hasil kemitraan dengan kelompok wanita tani melati tri budi syukur lampung barat. “Kita membeli kopi jenis robusta ini sudah berupa bubuk dari mereka,” kata dia.
 
Sugeng juga menuturkan dia bersama teman teman relawan, memulai usaha ini dengan bermodalkan uang sebesar enam juta rupiah. Selain kopi, warkop juga menyajikan menu pendamping seperti pisang bakar dan cireng (aci goreng). Dalam perhari rata rata memperoleh pendapatan sebesar 100 ribu rupiah. Satu gelas kopi dihargai cukup murah dan terjangkau. “Satu gelas kopi dihargai  lima ribu rupiah saja,” kata dia. 
 
Usaha ini mempekerjakan dua karyawan dengan gaji 200 ribu/orang sehingga dalam perbulan memperoleh keuntungan bersih rata-rata sebesar 200 ribu rupiah. “Dana tersebut sudah cukup membantu biaya rutin organisasi sehingga kita tidak selalu bergantung kepada pemerintah daerah,” kata dia.
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Hady Prasetyo, Humas PMI Lampung, Hp: 0821-8597-4833
Last modified onSelasa, 06 Desember 2016 07:57

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id