Menu

 

A Member Of 

Menerapkan Hidup Bersih, 250 Siswa Diajarkan Cuci Tangan Pakai Sabun Featured

250 siswa berlatih mencuci tangan yang bersih pakai sabun 250 siswa berlatih mencuci tangan yang bersih pakai sabun

Dengan dukungan PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Barat lakukan edukasi cuci tangan kepada 250 orang siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 13 Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Kampanye kesehatan berupa edukasi “ayo cuci tangan pakai sabun, aku bersih, aku sehat” Kamis (10/11).

Kegiatan yang dilakukan PMI untuk mensosialisasikan bagaimana cuci tangan yang baik dan benar, diikuti siswa dengan antusias dilapangan sekolah.

Mr. Hisashi Ishimaki Presiden Direktur KTB menjelaskan , KTB menjalin kerjasama dengan PMI Provinsi Sumatera Barat dalam edukasi akan pentingnya menjaga kesehatan melalui cuci tangan. Dengan adanya pemahaman tentang pentingnya cuci tangan, kami harap siswa – siswi SD Negeri 13 Sungai Pisang juga mengerti akan pentingnya hidup sehat yang dapat dimulai dari hal mudah yaitu mencuci tangan.

Dia juga mengatakan kegiatan sosial yang bernama We Care We Share (WCWS), tahun ini adalah WCWS ke-10, merupakan kegiatan sosial KTB yang berkelanjutan dan telah diselenggarakan sejak tahun 2010. KTB telah melakukan kegiatan sosial WCWS dengan memperbaiki di 3 (tiga) SD di Padang yaitu  SD Negeri 13 Sungai Pisang Bungus Teluk Kabung, SD Negeri 26 Sungai Sarik Padang Pariaman, SD Negeri 29 Sungai Sarik Padang Pariaman. Jelasnya.

Perbaikan ditingkat sekolah sejak awal bulan oktober 2016 dan saat ini pekerjaan perbaikan di tiga sekolah tersebut hampir selesai, disamping renovasi sekolah kami juga memberikan peralatan kesehatan, sebagaimana kita ketahui daerah Sumatera Barat juga rawan akan terjadinya bencana, oleh sebab itu kami juga memberikan Sosialisasi Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi dan Tsunami.

“Kami merasa senang sekali dapat membantu memajukan dunia pendidikan melalui bantuan peningkatan sarana dan prasarana ini sehingga siswa akan lebih nyaman dan bersemangat dalam melakukan aktivitas disekolah dan diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah”. Kata Hisashi Ishimaki.

Ketiga sekolah dasar yang mendapatkan bantuan pada “We Care, We Share” 10th Phase yaitu SD Negeri 13 Sungai Pisang, SD Negeri 26 dan 29 Sungai Sarik, merupakan sekolah yang kurang layak dari sisi sarana dan fasilitas. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, KTB memberikan bantuan perbaikan sekolah mulai dari perbaikan gedung sekolah yang sebagian besar sudah rusak, pembuatan pagar tembok baru, pemasangan atap & lantai keramik baru, penambahan set meja & kursi dikelas, mengecat tembok sekolah, perbaikan taman sekolah, membuat toilet, memperbaiki lapangan olahraga, membuat plang sekolah dan membuat tempat sampah.

Sementara itu, Novralia Amalo, Kadiv. Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Sumbar bersama tim melakukan edukasi kepada siswa - siswi, langkah – langkah yang harus dilakukan saat mencuci tangan, pertama ratakan sabun dengan menggosokkan kedua telapak tangan, kedua gosok punggung tangan dan sela – sela jari lakukan pada kedua tangan, ketiga gosok kedua telapak dan sela – sela jari kedua tangan, ke empat gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci, yang kelima gosok ibu jari kiri dengan diputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya, yang ke enam usapkan ujung kuku tangan kanan dengan diputar ditelapak tangan kiri, lakukan juga pada tangan satunya kemudian bilas. Ulasnya.

Kepala sekolah SD Negeri 13 Sungai Pisang, Defni Yunita menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors  Mitsubisi telah membatu memperbaiki dan merenovasi gedung sekolah serta kegiatan sosialisasi kesehatan yang dilakukan PMI. “Semoga kegiatan sosial ini sangat berarti untuk menunjang proses belajar mengajar”. Ujar Defni Yunita.

“Kami sangat senang dengan suasana baru karena sekolah kami yang sebelumnya rusak akibat gempa sekarang sudah bersih dan bagus atas bantuan dari KTB, PMI juga mengajarkan cara hidup bersih dan sehat, mengajak kami untuk melakukan cuci tangan pakai  sabun”. Ucap Putri, salah satu murid SD Negeri 13 Sungai Pisang.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Habibi (Staff Humas PMI Provinsi Sumbar) HP. 082179102332.

Last modified onSenin, 28 November 2016 03:45

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id