Menu

 

A Member Of 

Batang Jadi Rujukan PMI Demak Tanam Cemara Laut Featured

PMI Demak saat meninjau penanaman cemara di Kabupaten Batang. PMI Demak saat meninjau penanaman cemara di Kabupaten Batang.

PMI Kabupaten Demak melakukan kunjungan ke markas PMI Batang, Sabtu lalu (5/11). Kedatangan ini diterima oleh Sekda Batang, Drs Nasikin MH, selaku Dewan kehormatan, Ketua PMI, Achmad Taufik, serta jajaran pengurus PMI lainya.

Selain melakukan silaturahmi, kunjungan ini juga dimaksudkan untuk sarana pembelajaran mitigasi bencana terkait penanam cemara laut. Pasalnya PMI Kabupaten Batang dianggap berhasil dalam melakukan penanaman cemara laut oleh American Red Cross (Palang Merah Amerika).

“PMI Demak mendapat rekomendasi dari American Red Cross (Amcross) bahwa penanaman cemara laut di Batang yang di lakukan teman-teman PMI Batang paling berhasil. Sehingga kami mendapatkan saran untuk belajar ke Batang”. beber Ketua PMI Demak dr Singgih Sutomo.

Di samping itu, Kabupaten Demak memiliki nasib yang sama, perihal bencana rob. Berangkat dari kesamaan ini, pihaknya ingin  belajar untuk mengatasi rob yang melanda di daerahnya.

“Ada bebarapa desa yang sudah tenggelam karena rob yang melanda di beberapa daerah. Lahan tambak juga habis serta jalan desa dan jalan penghubung kecamatan juga sudah tenggelam terkena rob. Kami berharap setelah pulang dari Batang mendapatkan ilmu bagaiman menanam cemara laut dengan baik dan berhasil tumbuh, sehingga dapat mengurangi bencana rob yang melanda di Demak,” imbuhnya.

Sekda Batang, Drs Nasikhin MH yang merupakan pengurus dewan kehormatan PMI mengatakan, kunjungan dari PMI Demak ini  merupakan kunjungan yang luar biasa bagi PMI Batang. Pasalnya kegiatan ini tak hanya sebatas pertukaran pengalaman semata. Namun juga sebagai ajang silaturahmi lembaga kemanusiaan.

“Sebagai sesama lembaga nirlaba yang bergerak di bidang sosial  kemanusiaan, silaturahmi sangat diperlukan. Karena hal tersebut untuk bertukar pengalaman mendapatkan ilmu dan menambah pengetahuan. Sehingga bisa diterapkan untuk menangani sebuah bencana di daerah. Sebagai sesama lembaga kemanusiaan kita juga harus bisa saling melengkapi,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan PMI Demak yang berjumlah 52 orang yang terdiri dari jajaran pengurus, KSR dan pengurus Sibat (Siaga Bencana Berbasis Masyrakat) mengunjungi tanaman cemara laut yang berada di Pantai Sigandu Depok.

Untuk info selengkapnya, dapat menghubungi: Dina Harsakti, PMI Provinsi Jateng, email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id