Menu

 

A Member Of 

Menunggu Saat Kembali Ke Rumah Featured

Sukarelawan PMI berinteraksi dengan warga yang mengungsi untuk mengecek kondisi mereka Sukarelawan PMI berinteraksi dengan warga yang mengungsi untuk mengecek kondisi mereka

Dari Desa Tihingan, Bandeng, Kabupaten Karang Asem, Putu Murniasih terpaksa mengungsi ke penampungan di Pasar Manggis, Dusun Tengah. Tihingan terletak pada radius 5 kilometer dari kawah Gunung Agung. Pada mulanya Putu bersama suami suami dan Komang puteranya yang berusia dua tahun tidak mau mengungsi.

Pada 22 September 2017, pukul 20.30, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan kenaikan status Gunung Agung di Karangasem, Bali, dari Siaga (Level III) menjadi Awas (Level IV). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Dewa Made Indra mengeluarkan rekomendasi bagi seluruh warga di lereng kaki Gunung Agung untuk tidak beraktivitas di radius 9 Kilometer hingga wilayah sektoral 12 kilometer.

Selang dua hari setelah himbauan mengungsi, mereka sekeluarga merasakan gempa yang lebih sering dari biasanya. Dengan barang-barang seadanya, mereka bertiga mengungsi menuju pusat kota Karangasem. Pemerintah mengarahkan mereka ke penampungan Pasar Manggis. Mereka akhirnya memutuskan untuk meninggalkan rumah, ternak dan ladang.

“Kami hanya menunggu perintah kalau desa kami sudah kembali aman. Saya dan para ibu lainnya membantu memasak di dapur umum,” kata Putu. Suaminya sehari-hari bekerja di ladang. Ia tinggal di rumah menjaga puteranya yang baru berusia dua tahun. Kadang saya membuat berbagai kerajinan anyaman untuk tambahan penghasilan. Putu sekeluarga tidak tahu kapan mereka dapat pulang ke rumah. Penampungan pengungsi Pasar Manggis Dusun Tengah, Kabupaten Karangasem.

Dua minggu setelah perintah mengungsi tidak ada kepastian kapan situasi aman untuk kembali. Jumlah masyarakat terdampak yang mengungsi di Pasar Manggis mencapai 3.709 orang. Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan air bersih, pelayanan kesehatan, dan dukungan psikologi sosial secara berkala. Masyarakat terdampak rentan terkena berbagai penyakit kulit dan pencernaan selama berada di penampungan. Jumlah masyakarat yang mengungsi akibat aktivitas Gunung Agung mencapai 149,205 jiwa, mereka tersebar di 434 lokasi di 9 kabupaten. Gubernur Bali menyatakan status darurat penanganan pengungsi akibat aktivitas vulkanik Gunung Agung. (Red: Enaliya Sudartama/Sukarelawan)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id