Menu

 

A Member Of 

Jadikan PMI Ladang Ibadah Featured

Najit, Sibat Desa Waringin Jaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor, yang hingga kini masih aktif berkegiatan Najit, Sibat Desa Waringin Jaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor, yang hingga kini masih aktif berkegiatan

Anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang dibentuk PMI dari unsur masyarakat umum, menjadi salah bagian penting penggerak pengurangan risiko bencana di masyarakat. Kiprah tim Sibat yang dibina PMI dengan beberapa programnya, melibatkan aktif Sibat secara langsung dan berkesinambungan.

Najit, salah seorang anggota Sibat Desa Waringin Jaya Kecamatan Bojong Gede Kabupaten Bogor, yang aktif berkegiatan meskipun berusia lebih dari 72 tahun. Bapak 5 (lima) anak dan 2 (dua) cucu ini masih lincah dalam setiap kegiatan lapangan. Awal mengenal PMI saat berdagang keliling pada salah satu kegiatan PMI Kabupaten Bogor sekitar tahun 2006.

“Waktu itu saya bilang ke orang PMI, boleh kah saya bergabung? Nah dijawab boleh aja, yang penting tidak minta imbalan dan bersedia membantu pekerjaan apapun. Saya pun bersedia dan saya niatkan ibadah,” kisah Engkong, sapaan akrab Najit.

Buta huruf tidak menyurutkan langkah Engkong dalam berkiprah di PMI dengan mengelola Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang menjadi kebutuhan masyarakat sebagai tempat bercengkerama dan menghirup udara bebas. “Saya sekarang mengelola RTH sendiri, meskipun tidak ada bayarannya,” ujar suami ibu Rosani ini.

Sejak 6 (enam) bulan lalu, RTH seluas 2.000 meter persegi ini juga ditanami dengan sayuran, seperti kol, kangkung, cabe, tomat dan kacang-kacangan. Engkong sendiri yang aktif melakukan penanaman dan perawatan setiap hari. “Saya tidak memiliki pekerjaan tetap, kerja hanya bila ada yang meminta bantuan saja, sehingga di waktu senggang itu saya mengerjakan itu (lahan RTH),” jelasnya.

Ketulusan Engkong mendapat perhatian serius dari Bupati Bogor, yang juga Ketua PMI Kabupaten Bogor, dengan memberangkatkan umroh secara gratis. “Awalnya Engkong tidak percaya kalau bisa berangkat umroh gratis, bahkan seluruh surat kelengkapan pun diberi kemudahan saat mengurusnya,” kata Engkong yang saat ini tinggal di RT 04 RW VII Waringin Jaya Lebak.

Saat panen sayuran, Engkong membawanya ke markas PMI untuk dibagikan secara gratis. “Engkong ini orang yang sangat tulus dalam melakukan pekerjaan apapun, apalagi di PMI. Sehingga patut menjadi tauladan bagi sukarelawan muda PMI dalam meneladani sikap dan sifatnya,” kata Abidin, Kepala Markas PMI Kabupaten Bogor.

Tidaklah salah Najit menjadi ikon Sibat di Kabupaten Bogor, usia yang lanjut, kondisi ekonomi yang sederhana, buta huruf, penuh semangat dan tulus ikhlas.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Arifin M Hadi, (Kadiv Penanggulangan Bencana PMI Pusat), Hp: 081297777755, Narahubung media, Anggun Permana, HP. 085697777313

Last modified onSelasa, 19 September 2017 10:14

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id