Menu

 

A Member Of 

Jangkau Daerah Terisolir,PMI Sukabumi Berbagi Kebahagiaan Featured

Sejumlah Relawan dari Palang Merah Indonesia(PMI) Kabupten Sukabumi berhasil Menjangkau kampung Terpencil di Kampung Cirengrang Desa Rambay Kecamatan Tegalbuled Kabupaten Sukabumi. Jawa Barat.
 
Kegiatan yang dilaksanakan di kampung terpencil ini terdiri dari pemberian bantuan paket bantuan peralatan sekolah dan mobile clinic pengobatan gratis.
“Selain melakukan asesmen,kedatangan kita sekaligus menyalurkan bantuan awal berupa school kit untuk anak anak sekolah SDN cirengrang, yang kondisinya menghawatirkan, selain itu untuk menjawab permasalahan kesehatan, kita pun melakukan mobile clinic penyisir warga yang mengeluhkan kesehatan sekaligus mengidentifikasi kondisi kesehatan lingkungannya," Ungkap salahsatu Relawan PMI, Atep Maulana.
 
Seperti diketahui daerah Cirengrang ini merupakan salah satu daerah yang masih terisolir, kampung yang terdiri  kurang lebih 60 kepala keluarga ini masih belum teraliri listrik seperti desa pada kebanyakan. Selain itu, problem jalan yang masih belum dimiliknya juga menjadi kendala utama warganya.
 
Selain itu,kondisi fasilitas pendidikan dan kesehatan sangat menghawatirkan, diKampung Cirengrang ini hanya ada Sekolah Dasar (SD) Negeri, yang dinamai, SDN Cirengrang. Sekolah Dasar yang hanya memiliki 9 orang siswa. 
 
"Sekolah inipun hanya memiliki satu orang Guru Honorer Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang hanya dibayar Rp300 ribu per bulannya. Kondisi inipun membuat Kegiatan Belajar Mengajar dalam 1 minggu hanya 1 - 3 kali saja." ungkap Guru SDN Cirengrang Dadang.
 
Lebihlanjut pria yang sudah mempunyai anak dua ini mengatakan,saya hampir mengabdi di sekolah ini sekitar 9 tahunan, saya berharap ada perhatian dari pemerintah untuk segera diangkat menjadi Guru PNS.
 
Dalam kesempatan ini pula PMI melakukan promosi kesehatan Kepada warga dan anak.anak sekolah untuk mensosialisasikan akan pentingnya menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan.
 
untuk berkunjung ke Kampung Cirengrang ini berjarak 10 Kilometer (Km) dari kecamatan Cidolog, untuk melakukan perjalanan ke kampung ini ada dua akses  jalan masuk menuju Kampung ini yaitu melalui Kampung Cikawung dan cibereum untuk Menjangkau lokasi ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam dengan treck jalan terjal dengan harus ditempuh dengan melewati lembahan dan punggungan perbukitan.
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Atep Maulana, Humas PMI Kab. Sukabumi, Hp; +62 856-5910-3056⁠

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id