Menu

 

A Member Of 

Cerita Anak Pengungsi Lombok Sampaikan Pesan Melalui Miniatur Kendaraan Featured

Muhammad Kasi Nata (Nata), warga Dusun dasan tereng Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara (Photo By.Indra Praja) Muhammad Kasi Nata (Nata), warga Dusun dasan tereng Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara (Photo By.Indra Praja)

Bencana gempa bumi yang menimpa Lombok Nusa Tenggara Barat, negerinya seribu surau itu Telah membawa banyak cerita warga khususnya anak anak pengungsi para penyintas yang terdampak Gempa yang kondisinya masih mendiami Tenda -tenda pengungsian saat ini.

Seperti cerita yang dialami Muhammad Kasi Nata (10 tahun), warga Dusun dasan tereng Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara yang menyampaikan pesan ceritanya melalui miniatur mainan kendaraan truk dari toples bekas yang terinspirasi dari kendaraan tangki air PMI yang setiap harinya selalu terlihat oleh dia di lokasi pengungsian pada saat memberikan bantuan air bersih untuk kebutuhan di pengungsian.

Dalam polosnya Nata bercerita, kelak sudah dewasa dirinya berkeinginan menjadi relawan PMI seperti yang dia selalu lihat dan menjadi pemandangan tatapanya bisa menolong orang lain saat bencana.

“menarik dan terharu saat menyapa dan menanyakan hasil karya buah tangan anak tersebut dan memperlihatkan miniatur replika kendaraan tangki yang dibuatnya,” Ungkap Den Eki julianto Salahsatu Tim PMI yang bertugas di bagian Water, Sanitation and Hygiene (WASH) di lombok Utara.

Saat ditanyakan, Tutur Den eki, anak tersebut menjawab dengan polosnya bahwa miniatur replika mobil karyanya tersebut merupakan terinspirasi dari kendaraan armada tangki air bersih PMI yang sering dia lihatnya di pengungsian.

Nata, panggilan sapaanya, adalah salah satu anak, diantara puluhan anak pengungsi lainya yang rutin disela sela berada di tenda pengungsian menerima materi promosi kebersihan tentang air dan kesehatan lingkungan dari sejumlah relawan PMI yang bertugas.

“Ini pengalaman menarik saya selama bertugas dan bergabung menjadi Tim PMI dalam operasi bencana di lombok ini, terutama saat penyuluhan dan promosi kebersihan air dan lingkungan sekitar,” Cetus Den Eki.

Menurut Den Eki, selama bertugas selain dirinya harus Memastikan air bersih, sanitasi yang layak dan aman, tim juga berkewajiban memberikan penyuluhan promosi kebersihan kepada warga pengungsi.

Den Eki menceritakan pengalaman menariknya saat berada di dusun Dasantren Desa gumantar, saya bersama Tim sedang melakukan promosi kebersihan dan menyampaikan akan pentingnya memamaas air yang aman, jamban yg layak dan sehat, serta bagaimana mengelola sampah yg kita buang yg akhirnya membahas isu kesehatan yg mengancam.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

102775