Menu

 

A Member Of 

Terketuk Palu Thor, Dokter Cantik PMI Ini Bantu Warga Lombok Featured

Nadia Hasnanda, dokter muda PMI yang berikan pelayanan kesehatan untuk warga Lombok terdampak gempa Nadia Hasnanda, dokter muda PMI yang berikan pelayanan kesehatan untuk warga Lombok terdampak gempa

"Menolong bagiku bukan hanya soal mengobati penyakit secara medis,  tapi juga dapat mengembalikan senyum di wajah para warga." Begitulah hal yang terpatri dalam benak dan hati dokter muda PMI, yang turut membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi warga lombok yang terdampak gempa. Nadia Hasnanda namanya.

Gempa besar yang melanda Lombok, membuat hati dokter cantik PMI ini bak terketuk palu thor.

"Hati ini rasanya terketuk, ingin sekali membantu mereka yang terdampak. Sampai akhirnya kesempatan itu datang, dan tanpa pikir panjang, saya pun mendaftarkan diri menjadi tim pelayanan kesehatan PMI." Tuturnya penuh semangat.

Tak pernah terbayang seperti apa Lombok itu. Mulai dari budayanya, medannya sampai bahasanya pun tak pernah mengenal baik. Tapi dokter kelahiran tahun 1993 ini tetap memberanikan diri membantu warga di negeri seribu masjid itu.

Lombok Ajarkanku Berempati

Di wilayah Sambik Bangkol, ada seorang kakek yang tinggal hanya bersama cucunya yang masih kecil sekali. Kakek itu bercerita bahwa dia sangat khawatir memikirkan kondisi cucunya. Kisah itulah yang membuat Nadia semakin terketuk hatinya.

“Saya hanya ingin memastikan kondisi cucu saya. Khawatir dia trauma dengan kondisi tinggal di pengungsian, bagaimana dia makannya nanti, bagaimana dia main nanti. Saya lebih memikirkan cucu saya dibanding kondisi saya sendiri,” Begitulah cerita Nadia tentang sang Kakek.

“Kisah kakek itu buatku tersadar akan satu hal. Warga tak hanya membutuhkan bantuan secara materi. Tapi juga butuh Empati dari kita. Dukungan moril. Dukungan dari hati ke hati.” Serunya.

“Anak-anak itu adalah kelompok yang paling rentan dalam keadaan seperti ini. Mereka gampang senang, gampang sedih. Nah tugas kita semua, terutama orang tuanya, buatlah mereka lupa akan kondisi sekarang. Ajaklah bermain, belajar, mengembalikan keceriaan mereka.” Lanjutnya.

Selain bantuan pelayanan PMI seperti pelayanan kesehatan dan pelayanan air bersih, Palang Merah Indonesia (PMI) juga memberikan pelayanan psikososial support untuk membantu mempercepat pemulihan rasa khawatir warga akan apa yang telah mereka alami.

“Kita harus menumbuhkan kembali jiwa besar mereka. Bangun jiwanya agar menjadi sosok yang kuat, tegar dengan memberi masukan-masukan positif. Sehingga timbul semangat menjalani kehidupan selanjutnya. Lombok benar-benar mengajarkan ku bagaimana cara berempati” Ujar Nadia

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

102792