Menu

 

A Member Of 

Ketika Hewan Menjerit Featured

Agus Sugeng, Warga Dusun Timur Tengah, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, bersama sapi kesayangannya Agus Sugeng, Warga Dusun Timur Tengah, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, bersama sapi kesayangannya
Siapa mengira ternyata hewan dapat merasakan jika bencana datang. Inilah kisah pasangan Agus Sugeng (49 th) dan  Fitriani (33 th). Warga Dusun Timur Tengah, Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara ini teringat perilaku hewan-hewan peliharaannya sebelum gempa 7.0 SR mengguncang Lombok.
 
"Tiga hari sebelum gempa angsa-angsa kami berteriak terus. Berisik sekali. Saya kasih makan, tapi mereka tetap berteriak. Engga biasanya mereka begini," ingat Ibu satu anak ini.
Tidak berapa lama menjelang gempa yang terjadi pada hari Minggu malam 5 Agustus, giliran sapi suaminya yang memperlihatkan perilaku yang tidak biasa.
 
"Waktu itu sekitar jam 5 sore. Sapi saya menjerit-jerit dan mengamuk. Sempat kabur dan tidak mau dikandang. Akhirnya berhasil saya tangkap dan saya ikat. Tak berapa lama, gempa besar datang," kata Agus Sugeng.
Dusun Timur Tengah di Desa Dangiang adalah salah satu lokasi yang terdampak parah diguncang gempa 7.0 SR pada Minggu malam 5 Agustus lalu. Sebagian besar rumah warga roboh dan tidak bisa ditinggali. Hingga artikel ini diturunkan masyarakat di Dusun Timur Tengah masih mengharapkan bantuan makanan, terpal atau tenda, selimut, dan peralatan kebersihan diri untuk menopang kehidupan sehari-hari.
 
"Saat asesmen di lokasi bencana kami menemukan Desa Dangiang yang waktu itu belum tersentuh bantuan. Banyak warga yang meminta bantuan," Ridwan Sobri, Kepala Sub Penanggulangan Bencana PMI Pusat.
PMI menurunkan relawannya untuk melakukan distribusi air bersih, pemberiaan terpal dan selimut, serta menggelar kegiatan dukungan psikososial untuk membantu menceriakan kembali masyarakat yang takut dan khawatir karena gempa.
 
Untuk informasi lebih lanjut: Ridwan Sobri, Kepala Sub Penanggulangan Bencana PMI Pusat, 082111916892. Humas: Aulia Arriani, 0816795379.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

113895