Menu

 

A Member Of 

Melancong Ke Negara Tetangga, Pelatih Ini Bikin Bangga Featured

Sebagai organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia, sudah pasti Palang Merah Indonesia (PMI) memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan mumpuni dibidangnya. Salah satu diantaranya adalah Heri Suwarsono, pelatih pertolongan pertama, andalan PMI.

“Menjadi seorang pelatih adalah sebuah profesi yang mulia. Dengan begitu saya bisa menolong sesama dengan keilmuan yang saya miliki,” ujar Pria kelahiran kota yang terkenal akan buah apelnya itu.

Bak gayung bersambut, ada niat baik pasti semesta pun akan mendukung. Begitu pun yang dirasakan oleh Heri. Beliau mendapatkan undangan untuk memberikan pelatihan Search and Rescue kepada Palang Merah sahabat, Cruz Vermelha de Timor – Leste (CVTL).

“Dapet kabar dari PMI Pusat ada undangan dari CVTL untuk melatih. Rasanya tuh bangga banget. Akhirnya apa yang dipelajari selama ini bisa dibagikan ke semua orang. Gak cuma di Indonesia, tapi juga di negara tetangga, Timor Leste,” Serunya penuh dengan antusias.

Dwi Hariyadi, Kepala Pusdiklat PMI Pusat, mengatakan bahwa Heri adalah pelatih yang sudah mumpuni dibidangnya. Sebelumnya pada tahun 2000, beliau telah mendapatkan pelatihan sebagai pelatih first aid. Selanjutnya pada tahun 2006, beliau juga telah dilatih di Taipei – Republik Tiongkok untuk pelatihan search and rescue se-Asia.

“Dengan pengalaman yang mumpuni dan implementasi pembelajaran yang baik di Malang, maka Heri adalah kandidat yang tepat untuk melancong ke negara tetangga untuk memberikan pelatihan tersebut. Dan PMI patut bangga atas prestasi yang dimiliki oleh SDM PMI ini.” Terangnya.

Timor Leste kini semakin berkembang pesat menjadi negara yang semakin maju. Jumlah penduduk yang semakin meningkat, maka akan berkorelasi dengan tingginya angka kecelakaan yang terjadi. Karenanya, agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, CVTL ingin seluruh SDM nya memiliki ilmu dan kemampuan yang baik dalam bidang Search and Rescue.

“Mengetahui PMI memiliki kemampuan yang baik di bidang pertolongan pertama serta search and rescue, maka kami ingin sekali belajar langsung dari ahlinya. Apalagi mengingat PMI dan CVTL memiliki hubungan baik sejak lama,” Ujar Gil Tompo, Kepala divisi Disaster Management CVTL, Saat di wawancara via telepon.

Pelatihan yang berlangsung selama 5 hari, sejak 22-26 Juni 2018 ini, di ikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari 16 orang staff CVTL, 6 orang pemadam kebakaran dan 2 orang staff OXFAM. Para peserta tersebut diajarkan beberapa pelatihan diantaranya pertolongan pertama, memadamkan kebakaran, vertical rescue dan road accident rescue.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Dwi Hariyadi, Kepala Pusdiklat PMI Pusat, Hp: 0812-3296-3816

Last modified onKamis, 28 Juni 2018 01:04

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

109903