Menu

 

A Member Of 

PMI Ponorogo Ajari Masyarakat Tanggap Bencana Featured

Warga mencoba membuat peta jalur evakuasi Warga mencoba membuat peta jalur evakuasi

PMI kabupaten Ponorogo menyelenggarakan Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) pada Jumat-Minggu (4-6 Des 2015). Bertempat di Balai Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, pelatihan tersebut diikuti oleh 30 peserta, terdiri dari; 10 warga Desa Wates, 10 warga Desa Tugurejo, 4 warga Desa Senepo,  3 warga Desa Caluk dan 3 warga Desa Slahung. Para peserta pelatihan merupakan tokoh masyarakat seperti ketua RT/RW, PKK dan pemuda setempat.

SIBAT adalah program PMI dengan tujuan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengurangan resiko bencana. Hal yang paling mendasar yaitu bagaimana mengupayakan masyarakat agar tidak panik saat menghadapi bencana. Serta mampu berperan langsung sebagai penolong terdekat dan tercepat baik bagi keluarga maupun warga sekitar.

Luhur Karsanto, Ketua PMI Ponorogo, mengatakan Pelatihan Sibat merupakan pelatihan pertama kalinya yang diadakan oleh PMI Ponorogo, dengan materi manajemen organisasi untuk tanggap bencana hingga pemetaan risiko bencana.

“Bukan lagi saatnya bergerak ketika bencana hadir. Sudah seharusnya masyarakat memiliki kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap bencana, khususnya masyarakat yang tinggal dikawasan rawan bencana.” Imbuhnya.

Latria Yuyun Wardhani, salah satu peserta asal Desa Tugurejo mengaku sangat antusias dengan kegiatan ini.  

“Saya merasa terpanggil untuk dapat membantu aksi kemanusiaan bersama PMI Kabupaten Ponorogo. Oleh karenanya, saya mengikuti pelatihan SIBAT ini,” katanya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : PMI Kabupaten Ponorogo,  Tlp: : +62 352 481818, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

847852