Menu

 

A Member Of 

Yuk Donor Darah untuk Ibu Melahirkan Featured

Organisasi Kesehatan Dunia memusatkan perhatian pada ketersediaan persediaan darah yang aman untuk menyelamatkan para ibu. Pasalnya, WHO mencatat, di dunia setiap harinya terdapat 800 ibu meninggal saat melahirkan dan sesaat setelah melahirkan dengan 99 persen di antaranya tinggal di negara berkembang.

Direktur Regional WHO untuk kawasan Asia Tenggara, Dr Poonam Khetrapal Singh mengatakan, pendarahan hebat saat atau setelah melahirkan adalah penyebab utama kematian ibu, 31 persen dari kematian ibu di Asia. Transfusi darah adalah salah satu kunci penyelamatan nyawa pada penanganan komplikasi terkait kehamilan. Pada tahun 2013, data global menunjukkan bahwa di negara-negara yang tergabung sebagai anggota WHO di kawasan Asia Tenggara, rasio kematian ibu beragam dari 26 hingga 270 per 100.000 kelahiran hidup.

Sebagai organisasi yang ditugaskan sebagai pengelola dan pelaksana usaha transfusi darah, Palang Merah Indonesia (PMI) selalu berupaya untuk memenuhi pasokan darah. Mulai dari sosialisasi melalui media cetak dan elektronik, membangun gerai donor darah di kampus dan di pusat perbelanjaan, hingga teknik jemput bola dengan memobilisasi mobil unit donor darah. Namun pasokan darah masih saja belum cukup memenuhi permintaan darah.

Menurut Ketua Bidang UDD dan Rumah Sakit, Linda Lukitari, Kurangnya ketersediaan darah di Indonesia antara lain terkendala oleh rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjadi donor darah sukarela, sehingga ketersediaan darah di UTD masih rendah.

“Donor darah di Indonesia kebanyakan masih bersifat donor musiman, hanya dilakukan berkaitan dengan event tertentu saja. Sebaiknya, para pendonor rutin menyumbang secara sukarela setiap tiga bulan. Agar kita dapat membantu mencukupi pasokan darah. Salah satunya untuk menyelamatkan ibu melahirkan.” Terang Linda.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

166981