Logo
Print this page

29 sukarelawan ikuti orientasi penanggulangan bencana Featured

29 sukarelawan dari program corporate volunteer mengikuti orientasi penanggulangan bencana 29 sukarelawan dari program corporate volunteer mengikuti orientasi penanggulangan bencana

Indonesia merupakan  salah satu negara yang rawan akan bencana yang dapat disebabkan oleh alam maupun manusia. Bencana tersebut meliputi tanah longsor, gempa bumi, kebakaran, banjir.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PMI DKI Jakarta mendapatkan dukungan dari PMI Pusat dan Palang Merah Amerika (American Red Cross) melalui Program Corporate Volunteer yakni  “Orientasi Penanggulangan Bencana banjir Jakarta” yang dilaksanakan di BUPERTA Cibubur tepatnya di Aula Dewi Sinta pada tanggal 31 Januari hingga 1 Februari lalu.

Kegiatan orientasi ini diikuti oleh 29 Relawan yang berasal dari Instansi Mitra terkait yang terbentuk dalam Corporate Volunteer : Pegadaian Kanwil 8, Millenium Hotel, Pegadaian Pusat, PT. Kayaba Indonesia, PT. First Security, PT. Komatsu, BNI Kramat, Oakwood Premier Cozmo, Koperasi Reka Sejahtera, Medco Foundation, Pegadaian Kanwil 9. Sedangkan untuk fasilitator Oktariadi, SE , Herman, S.Kom, Neysa (Perwakilan AMCROSS), Dedet Mulyadi, Junaedi Adi Piun, Fiki Rifaldi.

Relawan Mitra PMI yang terbentuk dalam Program Corporate Volunteer melakukan simulasi Water Rescue di danau Cibubur dipandu oleh Instruktur Junaedi Adi Piun dari PMI Kota Jakarta Selatan, Minggu lalu (1/2).

Junaedi Adi Piun menjelaskan kepada para Relawan Mitra PMI bagaimana cara menggunakan APD dan menjelaskan tentang cara melakukan penyelamatan korban yang terkena bencana banjir dengan melakukan simulasi (Water Rescue).

Pelatihan tersebut dilaksanakan agar meningkatkan keterampilan serta pengetahuan para relawan, terhadap kesiapsiagaan bencana. Selain itu diharapkan para relawan dapat memberikan pertolongan langsung terhadap korban bencana banjir diwilayahnya tetapi dengan menggunakan APD yang safety (Alat Pelindung Diri).

PMI Provinsi DKI Jakarta menghimbau kepada para relawan agar pada saat terjadi bencana, mereka siap untuk dimobilisasi dimana saja. “Ucap Oktariadi”.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : A. Dody Yanis, S.Sos, Kabid Organisasi dan Komunikasi PMI Provinsi DKI Jakarta, Telp (021)-3906666  Ext. 411, atau Herman, S.Kom,  Kasie Pengembangan PMR dan Relawan PMI Provinsi DKI Jakarta, Telp (021)-3906666  Ext. 481.

 

Template Design © Palang Merah Indonesia. All rights reserved.