Menu

 

A Member Of 

Tak Puas Diri, PMI Kembali Luncurkan 2 Mobile Apps Featured

Inovasi rupanya tak pernah bosan-bosannya dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Sebelumnya PMI meluncurkan aplikasi Mobile Rapid Assesment (MRA) pada Kamis (30/10) lalu. Aplikasi yang berbasis android ini, dapat digunakan masyarakat untuk berbagi informasi seputar bencana yang terjadi di wilayahnya kepada masyarakat yang lain.

PMI tak cepat puas diri. Tidak ingin tertinggal untuk masalah pengadopsian teknologi mobile, PMI kembali meluncurkan aplikasi khusus berbasis Android dan iOS. Aplikasi yang dinamakan Siaga Bencana dan Pertolongan Pertama ini sengaja dibuat karena penggunaan perangkat mobile yang semakin hari semakin marak dan agar masyarakat dapat mendapatkan berbagai informasi dari aplikasi tersebut. Sekaligus dapat meningkatkan kesiapsiagaan juga ketahanan masyarakat terhadap situasi darurat dan bencana alam.

Dalam acara peluncuran kedua aplikasi ini, Sekretaris Jendral PMI, Budi A. Adiputro, mengatakan pentingnya masyarakat untuk memanfaatkan teknologi untuk menghadapi bencana.

"Peluncuran kedua aplikasi ini merupakan bukti pentingnya peran teknologi untuk membantu masyarakat dalam bersiap diri dalam kondisi kedaruratan dan untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap bencana dan dampaknya," jelasnya di waktu peluncuran kedua aplikasi tersebut di Jakarta, Jumat (21/11).

Terdapat berbagai fitur menarik yang sangat bermanfaat dan mudah dipahami di dalam aplikasi siaga bencana. Fitur-fitur dalam aplikasi Siaga Bencana seperti informasi dan pembelajaran tentang bagaimana mengenali risiko, mengurangi risiko, dan membuat rencana darurat. Selain itu, ada juga fitur Alert atau instan pesan peringatan yang dikirimkan ke ponsel saat terjadi gempa atau tsunami. informasi sejumlah bencana yaitu gempa, tsunami, puting beliung dan banjir.

Sedangkan untuk aplikasi Pertolongan Pertama terdapat sejumlah fitur, yaitu informasi tentang berbagai macam penyakit dan cara pencegahannya, bagaimana menyiapkan diri saat kondisi darurat, serta panduan untuk melakukan tindakan yang harus dilakukan saat kondisi darurat. Hal yang membedakan Aplikasi Pertolongan Pertama PMI dengan aplikasi pertolongan pertama lainnya adalah dalam aplikasi ini terdapat informasi tentang epidemi yang sering terjadi di Indonesia seperti malaria, demam berdarah, avian influenza (flu) dan diare.

Untuk lebih mengoptimalkan fungsi kedua aplikasi ini untuk masyarakat, di dalam kedua aplikasi terdapat fitur Ujian yang mengajak pengguna aplikasi untuk menguji sejauh mana pengetahuan masyarakat tentang hal-hal terkait siaga bencana maupun pertolongan pertama. Selain itu, kedua aplikasi ini juga mencakup informasi tentang kegiatan dan pelayanan PMI dan bagaimana menjadi relawan PMI.

Pembuatan Aplikasi Siaga Bencana dan Pertolongan Pertama ini merupakan kerjasama antara PMI dan Palang Merah Amerika serta Global Disaster Prepareness Centre (GDPC) dengan dukungan dana dari United State Agency for International Development (USAID).

Untuk informasi lebih lanjut dapat: Andrea Pahlevi, Kepala Unit IT & Telecom, HP. 0815 9791 693 atau Aulia Arriani, Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, HP. 0816 795 379. Kontak Media: Anggun Permana Sidiq, HP. 0856 97777 313

Last modified onSabtu, 22 November 2014 21:49

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

158246