Menu

 

A Member Of 

Kenang 10 Tahun Tsunami Aceh, Ribuan Relawan Lakukan Pawai Obor Kemanusiaan Featured

Sepuluh tahun silam, ribuan relawan baik dari dalam negeri maupun berasal dari negara sahabat telah membantu dalam tanggap darurat bencana gempa dan Tsunami. Untuk menghargai para relawan tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar acara Mengenang 10 Tahun Tsunami: Dari Aceh untuk Dunia. Acara yang berlangsung pada tanggal 9 hingga 10 November lalu, dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan. Ini dimaksudkan untuk mengapresiasi para relawan yang merupakan pahlawan khususnya bagi masyarakat Aceh.

Minggu (9/11) malam, ribuan relawan PMI bersama dengan para tamu undangan dari berbagai perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah negara sahabat mengusung obor sambil berjalan kaki dari titik nol Banda Aceh di Desa Ulhe Lheu, menuju Lapangan Blang Padang. Rute yang berjarak sekitar 3,5 kilometer ini merupakan rute kawasan yang terdampak tsunami. Terangnya obor yang menerangi malam itu, membuat para peserta obor kemanusiaan larut dalam kenangan aceh dimasa silam.

Ketua Palang Merah Indonesia Provinsi Aceh, Teuku Alaidinsyah, mengatakan, kegiatan pawai obor kemanusiaan dan napak tilas ini dilakukan untuk mengenang masa-masa kelam saat Aceh dilanda gempa dan tsunami.

"Napak tilas ini merupakan momen untuk mengenang korban yang meninggal dalam peristiwa gempa dan tsunami. Obor kemanusiaan melambangkan kebangkitan masyarakat Aceh dari keterpurukan menuju kondisi yang lebih baik lagi saat ini." Ujarnya saat melepas peserta napak tilas.

Pawai obor kemanusiaan juga merupakan sebuah wujud ungkapan terimakasih kepada para relawan. Kini lapangan Blang Padang – Banda Aceh dijadikan sebagai Lapangan Monumen Terimakasih atau yang dikenal dengan lapangan Thanks to The World.

Dalam acara ini PMI juga mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah tsunami, diantaranya mengunjungi kubah mesjid Al-Tsunami di Kampung Gurah Aceh Besar, Kuburan massal korban Tsunami di Ulee Lheue, Escape building di Gampong Lambung Ule Lheue, Kapal PLTD Apung dan Museum Tsunami.

Selain itu, di markas PMI Provinsi Aceh digelar pula pameran foto terkait aksi kemanusiaan PMI sesaat setelah bencana terjadi. Silaturahmi juga dilakukan dengan para relawan yang terlibat dalam aksi kemanusiaan dalam tanggap darurat bencana tsunami Aceh.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Aulia Arriani, Kepala Biro Humas, Markas PMI Pusat, Tlp : 021-7992325, Fax. 021-799 5188, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

146692