Menu

 

A Member Of 

Dana Kemanusiaan 2,5 Milyar untuk Bantu Korban Sinabung Featured

Ginanjar Kartasasmita, selaku plh Ketum PMI secara simbolis menerima donasi kemanusiaan bencana sinabung dari Robert, selaku perwakilan managemen Krama Yudha Mitsubishi Group Ginanjar Kartasasmita, selaku plh Ketum PMI secara simbolis menerima donasi kemanusiaan bencana sinabung dari Robert, selaku perwakilan managemen Krama Yudha Mitsubishi Group

Untuk membantu korban Bencana erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Tana Karo, Provinsi Sumatera Utara, Palang Merah Indonesia (PMI) menerima donasi kemanusiaan sebesar Rp. 2.5 Milyar dari mitra kerja Krama Yudha Mitsubishi Group. Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, menerima langsung dana kemanusiaan ini dari perwakilan managemen Krama Yudha Mitsubishi Group, Robert E. Wannee di Jakarta, Kamis (02/07).  

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian Krama Yudha Mitsubishi Group untuk membantu korban bencana Gunung Sinabung dan memercayakan bantuan ini melalui PMI. Seperti kita ketahui, Gunung Sinabung masih terus aktif dan termasuk bencana yang cukup lama terjadi. Puluhan ribu warga harus mengungsi, termasuk ibu-ibu hamil, lansia, dan anak-anak,” ujar Ginandjar Kartasasmita.

Sejak meletus pertama kali di tahun 2010, Gunung Sinabung terus melakukan aktivitas vulkaniknya hingga kini. Data asesmen PMI menyebutkan, tercatat sekitar 10 ribu orang atau 3.000 KK mengungsi di 10 titik pengungsian akibat erupsi berkepanjangan ini.

Dana kemanusiaan ini akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan bantuan air bersih dan sanitasi serta pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak erupsi Sinabung. Untuk bantuan air dan sanitasi, PMI akan membangun pompa dan penyimpanan air (tandon) yang disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing pengungsian yang jauh dari layanan PDAM, membangun sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) semi permanen, dan menurunkan 1 unit kendaraan tangki air untuk mobilisasi air bersih ke pengungsian. PMI juga akan menyebarluaskan berbagai informasi terkait kesehatan kepada para pengungsi, seperti menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan dengan sabun, dan sebagainya untuk menjaga kebersihan diri di pengungsian.

Seluruh bantuan ini akan diprioritaskan di tiga titik pengungsian, yaitu di wilayah Jambur Lau Buah, Batu Karang Gudang Jeruk Surbakti atau TK Surbakti dan Jambur Korpri, untuk  pelayanan air bersih, sarana MCK dan promosi kesehatan. 

Bantuan lainnya berupa 1 unit mobile ambulan untuk melakukan pelayanan kesehatan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan secara rutin di 10 titik pengungsian dan pemberian obat-obatan.

Selama masa erupsi Gunung Sinabung mulai 2010-2015, PMI telah melakukan operasi tanggap darurat untuk membantu masyarakat yang terkena dampak dengan memobilisasi relawan PMI dari Tana Karo dan sekitarnya, membagikan 7,500 masker, 500 tarpaulin, 250 tikar, 250 paket hygiene, 200 paket family kit, dan 2 ribu lembar seng, serta melakukan pelayanan kesehatan dan air bersih.

Untuk informasi lebih lanjut: Arifin Muhammad Hadi, Kepala Divisi Penanganan Bencana PMI Pusat, HP. 0812 977777 55, Ria Thahir, Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya, HP. 0816 13109 11 , Aulia Arriani, Kepala Biro Humas PMI Pusat, HP. 0816 795379 . atau Anggun Permana Sidiq, 085697777 313

Last modified onKamis, 09 Juli 2015 13:10

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

153765