Indonesia | English
       
Publications
Search
Home | Activities | Donation | Publications | News | FAQ | Gallery | Contact Us
LOMBA MENGGAMBAR
KISAH
KAMPANYE CEGAH FLU
KAMPANYE GLOBAL: DUNIA KITA. AKSI ANDA.
TEROPONG
PROFIL PMI DAERAH
BUKU PEDOMAN
BULETIN/MAJALAH
NEWSLETTER
AUDIO VIDEO
Kompetisi Penulisan Feature Kepalangmerahan Untuk Wartawan

PENDAHULUAN

Tahun 2009 memiliki arti penting bagi Gerakan karena merupakan tahunnya Palang Merah. Di tahun ini Gerakan melangsungkan kampanye global selama setahun mendatang dengan tema besar Dunia Kita Aksi Anda.

Sebagai salah satu kegiatan kampanye global, PMI menggelar kompetisi penulisan artikel kepalangmerahan untuk wartawan. Tujuan kompetisi ini tidak lain sebagai bentuk apresiasi PMI terhadap kalangan media yang selama ini telah membantu mempublikasikan PMI.

NAMA KEGIATAN

KOMPETISI PENULISAN FEATURE KEPALANGMERAHAN UNTUK WARTAWAN

TEMA

Dunia Kita, Aksi Anda

SUB-TEMA

Penanganan Bencana Transfusi Darah Hari-hari Besar terkait dengan Palang Merah (Hari Palang Merah Sedunia 8 Mei, Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni, Hari Remaja Internasional 12 Agustus, Hari Pertolongan Pertama Sedunia 11 September, dan sebagainya) Kesiapsiagaan Bencana atau Risk Reduction

KATEGORI PESERTA

Wartawan media cetak surat kabar

PERSYARATAN

1). Peserta adalah WNI dan merupakan wartawan media cetak surat kabar 2). Tidak ada batasan umur 3). Kategori media adalah media cetak surat kabar nasional dan daerah/lokal di Indonesia 4). Tulisan dalam bentuk feature 5). Tulisan pernah dimuat dalam surat kabar dalam kurun waktu 1 Januari-17 Agustus 2009 6). Tulisan sesuai dengan tema dan subtema yang ada atau gabungan 7). Panjang tulisan 400-600 kata, diketik di kertas ukuran A4, font Trebuchet, spasi satu, dan ukuran font 11. 8). Peserta boleh mengirimkan tulisan sebanyak-banyaknya 9). Tulisan dikirimkan ke pihak PMI Pusat dalam bentuk hardcopy dan softcopy paling lambat 20 Agustus 2009 dengan menyertakan fotokopi KTP atau kartu identitas lain ke: Divisi Komunikasi Markas Pusat PMI, Lt. 2, Jl. Gatot Subroto Kav. 96 12790 atau Via e-mail: lombatulisanpmi@yahoo.com 10). Para pemenang bersedia menyediakan biaya sendiri untuk hadir di Jakarta pada kegiatan penyerahan hadiah di HUT PMI 17 September 2009.

PENILAIAN & PENERIMAAN KARYA

1). Komponen utama penilaian adalah kekuatan konsep, orisinalitas, kelengkapan dan kejelasan, gaya penulisan menarik, dan tata bahasa Indonesia yang benar 2). Panitia kompetisi di tingkat Daerah untuk mengirimkan tulisan-tulisan dari media daerah/lokal ke panitia di tingkat Pusat 3). Panitia kompetisi di tingkat Pusat akan menentukan 2 juri untuk memilih tulisan-tulisan terbaik dari media cetak nasional 4). Keputusan juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat 5). Juri memilih 3 orang sebagai pemenang/juara 6). Masing-masing pemenang akan memperoleh hadiah uang tunai, sertifikat, dan trofi 7). Selain 3 pemenang, Panitia memilih 20 karya tulisan terbaik dan tidak tertutup kemungkinan menerbitkannya sebagai buku.

TIM JURI

1). Nur Hidayat, Redaktur Senior Majalah Gatra, 2). Ahmad Husein, Koordinator Komunikasi Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) 3). Fitriana Sidikah, Staf Divisi Komunikasi Markas Pusat Palang Merah Indonesia (PMI)

HADIAH PEMENANG

1). Pemenang I Hadiah uang tunai Rp. 3 juta, 1 Buah Lap top, sertifikat, dan trofi 2). Pemenang II Hadiah uang tunai Rp. 2,5 juta,1 Buah Hand Phone sertifikat, dan trofi 3). Pemenang III Hadiah uang tunai Rp. 2 juta,1 Buah Hand Phone sertifikat, dan trofi (Panitia)

PESERTA YANG TELAH MENGIRIMKAN KARYA TULIS

(1). James P.Pardede, Junalis harian Analisa, Jl. Balai Kota No.2 Medan 20111, (2). Yeremisa Sukoyo (empat tulisan), Jurnalis Suara Pembaruan, Jl. Raya bogor Km 29, Villa Pertiwi Blok A2 No 8, Cimanggis-Depok, (3). C. Gumilang, redaktur Senior  Majalah Men’s health Indonesia, Jl.HR rasuna Said Kav. B 32-33 Jakarta, (4). Walburgus Abulat, Jl.Raja Centis No.76 Maumert-Flores, NTT.



 
History | Profile | HRD | Links | Events | Site Map | Privacy Policy
Copyright © 2005 Palang Merah Indonesia. All Rights Reserved