Indonesia | English
       
Publications
Search
Home | Activities | Donation | Publications | News | FAQ | Gallery | Contact Us
LOMBA MENGGAMBAR
KISAH
KAMPANYE CEGAH FLU
KAMPANYE GLOBAL: DUNIA KITA. AKSI ANDA.
TEROPONG
PROFIL PMI DAERAH
BUKU PEDOMAN
BULETIN/MAJALAH
NEWSLETTER
AUDIO VIDEO
Salon Sakura Memberdayakan Waria Mencegah Penularan Kasus HIV

PMI Cabang Kota Medan, Sumatera ternyata mepunyai program unik dalam upaya kampanye HIV & Aids, yaitu salon kecantikan bernama Sakura. Sebuah salon yang memberikan layanan kecantikan dan rambut. Dikelola oleh PMI Cabang dengan memberdayakan para Waria.

Meluasnya endemik HIV & AIDS di Indonesia menjadikan kita ekstra waspada. Sebab penularan virus HIV & AIDS telah memasuki tahap yang sangat mengkhawatirkan. Berbagai cara yang ditempuh untuk meminimalisir penyebaran virus HIV salah satu cara yang digunakan oleh PMI cabang Kota Medan yakni dengan memanfaatkan Salon Sakura sebagai alternatif penanggulangan penyebaran Virus HIV di Kota Medan pada kelompok waria.

Keberadaan Salon Sakura tidak hanya memberikan layanan kecantikan bagi konsumen akan tetapi dijadikan sebagai pusat untuk memperoleh informasi tentang HIV & AIDS dengan membaca baik buku dan media KIE berupa brosur yang disediakan dan disuguhkan oleh pengelola. Selain itu para pekerjanya telah mendapatkan pelatihan tentang HIV & AIDS dan ketrampilan hidup sehat sehingga jika di antara konsumen bertanya dan ingin mengetahui lebih dalam mereka bisa menjawab dan menjelaskannya.

Saat ini dalam pengembangan keberadaan Salon Sakura sekaligus membantu teman-teman waria khususnya yang ingin memiliki ketrampilan agar tidak kembali turun ke jalan mencari pelanggan. PMI sebagai pengelola salon bekerjasama dengan organisasi Pelangi Hati sebuah organisasi kelompok yang beranggotakan para waria yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya membuka pelatihan layanan kursus tata rambut dan tata rias kecantikan bagi para waria yang dipusatkan di Salon Sakura Jalan Medan Utara No. 183 A Medan. Saat ini keberadaan gedung Salon Sakura yang berlantai dua dimanfaatkan sepenuhnya oleh badan pengelola, untuk layanan kecantikan berada di lantai bawah sedangkan lantai duanya dimanfaatkan untuk ruang pelatihan. Kerjasama ini terjalin karena badan pengelola Salon Sakura menyediakan guru atau tenaga pelatih sedangkan para peserta merupakan kelompok waria yang direkrut dari organisasi Pelangi Hati tempat mereka bernaung.

Pelatihan ini dibagi dalam 2 bidang, satu bidang fokus pada tata rambut dan satu bidang lagi fokus kepada tata rias kecantikan. Pelatihan ini berlangsung selama 3 bulan. Yang mana di akhir pelatihan para peserta berkesempatan mengikuti Praktek lapangan, ujian kompetensi dan ujian Negara untuk mendapatkan sertifikat, bagi yang berprestasi akan disalurkan ke Salon lain yang memiliki jaringan kerjasama dengan Salon Sakura.

Pelatihan ini merupakan pelatihan perdana, untuk biaya pelatihan ini sepenuhnya masih di tanggung oleh Palang Merah Jepang sebagai Founding program dan bersifat stimulan. Diharapkan setelah pelatihan angkatan pertama ini selesai akan di buka pelatihan angkatan kedua dan berikutnya, untuk pelatihan  angkatan kedua dan berikutnya para calon peserta akan dibebankan biaya pelatihan dan income-nya akan menjadi pemasukan keuangan demi keberlangsungan Salon Sakura.

Antusias para peserta pelatihan begitu tinggi menjadikan badan pengelola Salon Sakura sedikit kewalahan karena jumlah peserta melebihi jumlah target yang telah ditetapkan dan hal ini tidak terduga sebelumnya sehingga dilakukan sIstem penyaringan.

Pelatihan ini selain bertujuan untuk pengembangan salon sakura sebagai salah satu income generate-nya PMI Cabang Kota Medan terpenting merupakan usaha untuk meminimalisir perkembangan kasus HIV & AIDS di Kota Medan dengan harapan teman-teman waria dapat memiliki ketrampilan sehingga dapat mengembangkan ketrampilan yang dimilikinya serta merubah perilaku negatif menjadi positif dan selalu berperilaku untuk menjaga ketrampilan hidup sehat. (Roby Kurniawan Ass. Manager Program HIV & AIDS PMI Daerah Sumatera Utara)

PMI Cabang Kota Medan, Jl.Palang Merah No. 17, Medan,  telp/faks. 061-4567638. Salon Sakura PMI Cabang Kota Medan, Jl. Medan Utara No. 183 A, Medan, Telp. 061-6630981.



 
History | Profile | HRD | Links | Events | Site Map | Privacy Policy
Copyright © 2005 Palang Merah Indonesia. All Rights Reserved